Wednesday 22nd of May 2024

Profil Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina: Dituntut Copot Jabatan Usai Kebakaran Di Plumpang

×

Profil Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina: Dituntut Copot Jabatan Usai Kebakaran Di Plumpang

--

Isu pencopotan direktur utama pertamina

Tanggung jawab pertamina atas kejadian kebakaran di depo Plumpang langsung ditangani oleh pihak direktur utamanya. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyatakan pihaknya bakal menanggung seluruh biaya pengobatan korban kebakaran hingga sembuh.

Meskipun sudah bertindak, namun peristiwa kebakaran ini bahkan disinggung oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat menjenguk korban kebakaran di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.


"Saya sudah pernah copot direksi Pertamina. Kalau perlu mencopot, saya lakukan lagi," ujar dia pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Hal tersebut menjadikan munculnya isu pencopotan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dari jabatannya.  Di lain sisi, soal pencopotan juga disuarakan oleh pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi. Dia melihat kurangnya empati dari Pertamina atas kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina di Plumpang, sehingga sebagai bentuk tanggung jawab, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati harus mundur dari jabatannya.

Baca juga: Wanita Meninggal Saat Bercanda di Bogor, Bikin Konten Bunuh Diri!

Baca juga: Viral! Bercanda Bikin Konten Bunuh Diri, Seorang Wanita di Bogor Beneran Tewas!

Baca juga: Harga Tiket Kapal Laut Balikpapan Pare-Pare Maret 2023, Lengkap dengan Jadwalnya

Profil Direktur Utama Pertamina: Nicke Widyawati

Sebelum singgah di Pertamina, perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 itu, sudah menjejaki karir di perusahaan energi pelat merah. Tetapi, kala itu ia menjalankan tugas sebagai direktur pengadaan strategis 1 PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN pada 2014.

Ia juga pernah berkarier di PT Rekayasa Industri dan PT Mega Eltra. Di Mega Eltra yang merupakan BUMN bidang kelistrikan, Nicke sempat menjadi direktur utama hingga akhirnya hengkang ke PLN.

Dari sisi pendidikan, Nicke merupakan Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1991. Selanjutnya, ia menempuh pendidikan Master Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran pada 2009.

Nicke tercatat pernah meraih penghargaan, di antaranya Women's Empowerment Principles (WEPs) 2021 untuk kategori Leadership Commitment dan Indonesia Best CEO Award 2021 kategori Employees' Choice dari Iconomics Research and Consulting.

Ia juga masuk daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021 dengan menduduki peringkat ke-25. Lalu, penghargaan Most Powerful Women International versi Majalah Fortune dengan menduduki peringkat ke-17 dari 100 daftar perempuan berpengaruh di dunia.

Demikian informasi sekilas yang bisa kami sampaikan tentang adanya berita yang membahas mengenai isu pencopotan direktur pertamina dan profil dari Nicke Widyawati. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU