Friday 17th of May 2024

Daftar Gaji Dokter di Indonesia Terbaru 2023 Untuk Dokter Umum, Spesialis, Gigi, hingga Bedah dan Tunjangannya

×

Daftar Gaji Dokter di Indonesia Terbaru 2023 Untuk Dokter Umum, Spesialis, Gigi, hingga Bedah dan Tunjangannya

--

ASCOMAXX.com – Kamu ingin tahu besaran gaji dokter di Indonesia pada tahun 2023 ini? Yuk smak informasi lengkap mengenai besaran gaji dokter di Indonesia pada tahun 2023 di bawah ini!

Gaji sering kali disamakan dengan istilah upah, namun pengertian gaji yang sebenarnya berbeda dengan upah. Gaji merupakan suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang atasan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. 


Untuk menambah informasi, di Indonesia sendiri ukuran gaji biasanya dilakukan dalam periode per bulan. Besaran gaji sendiri berbeda dari tiap perusahaan dan juga jabatan yang dimiliki oleh tiap orang.

Baca juga: Daftar Gaji PPNPN di IKN 2023, Lengkap dengan Informasi Tunjangan dan Masa Kerjanya

Baca juga: Link Baca Manga Chainsaw Man Full Chapter Bahasa Indonesia, Kisah Manusia Gergaji Melawan Para Iblis

Baca juga: Daftar Gaji Karyawan IKEA Terbaru 2023, Mulai dari Pekerja Part Time Hingga Profesional Staff

Nah, dokter sendiri merupakan sebuah profesi yang mulia dan dikenal sulit. Dikutip dariJunior Doctor Network (JDN) Indonesia tentang “Survei Kesejahteraan Dokter Umum” pada 2018, ternyata gaji dokter di Indonesia masih banyak yang belum memperoleh upah sesuai kapasitasnya.

Yang mana pada survei tersebut, 83,85% dokter mendapat gaji yang tidak sesuai yang direkomendasikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Gaji pokok dokter umum dan PNS baru golongan III A atau di bawah 5-10 tahun, sekitar Rp2,4 juta sampai Rp2,7 juta. Selain gaji pokok, para dokter juga mendapat kapitasi BPJS rata-rata Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

Sumber:

UPDATE TERBARU