Friday 17th of May 2024

Join Event Ruwat Bumi Guci 2023 Jadi Simbolisme Ungkapan Rasa Syukur dan Sarana Guyup Rukun Warga

×

Join Event Ruwat Bumi Guci 2023 Jadi Simbolisme Ungkapan Rasa Syukur dan Sarana Guyup Rukun Warga

--

Pagelaran Event Ruwat Bumi Guci 2023

Seperti yang kita tahu pada bulan Juli 2023 memasuki bulan Muharram 1444 H. Yang mana menurut budaya Jawa, awal bulan disebut Satu Suro.

Berdasarkan Kalender Jawa pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645) yang mengacu penanggalan Hijriah (Islam). Satu Suro yang sangat lekat dengan budaya Jawa.


Dilandir dari Jawa Tengah Calendar of Events 2023 yang disusun Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah Acara Ruwat Bumi Guci bakal berlangsung di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal pada 19 Juli 2023.

Baca juga: Pengging Fair Boyolali Bulan September 2023, Berikut Serangkaian Acaranya

Baca juga: KM Dharma Kartika VII, Kapal Roro Ekonomi dengan Fasilitas Mewah

Baca juga: Jadwal KM Dharma Kartika VII Semarang-Pontianak Februari 2023, Ada Penurunan Harga

Penyelenggaraan Event Ruwat Bumi Guci

Ruwat Bumi Guci digelar setiap tahunnya pada bulan Suro sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Prosesi diawali dengan istighosah zikir bersama di kantor UPTD OW Guci dan Pedukuhan Pekandangan Rembul.

Dilanjutkan dengan pemandian sekaligus penyembelihan kambing kendit, gendingan jawa, kirab gunungan hasil bumi, bancakan tumpeng, dan pagelaran kesenian tradisional atau hiburan rakyat.

Acara budaya ini dimulai dari mulai arak-arakan atau karnaval, memandikan kambing kendit hingga grebek gunungan hasil bumi tersebut mengandung makna spiritual dan pelestarian budaya lokal.

Ruwat bumi adalah simbolisme ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Rembul, Guci, Pekandangan dan sekitarnya atas karunia Tuhan untuk kemudian bisa lebih mendekatkan diri, meningkatkan ketakwaan juga keimanannya pada Sang Khalik.

Menanggapi ini Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Uwes Qoroni menjelaskan tradisi ruwat bumi sudah berjalan turun-temurun dan diselenggarakan setiap bulan Muharram.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai Ruwat Bumi Guci 2023. Semoga membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU