Friday 3rd of May 2024

Contoh Soal Momen Gaya dan Momen Inersia Beserta Kunci Jawabannya, Belajar Fisika Jadi Lebih Mudah

×

Contoh Soal Momen Gaya dan Momen Inersia Beserta Kunci Jawabannya, Belajar Fisika Jadi Lebih Mudah

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini adalah contoh soal momen gaya dan momen inersia beserta kunci jawabannya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Fisika adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya.


Baca juga: Materi Momen Gaya dan Momen Inersia: Pengertian, Rumus, dan Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Baca juga: Contoh Dekorasi Kamar Pengantin Tema Bunga-bunga, Terlihat Mewah dan Elegan Banget!

Baca juga: Contoh Not Angka Pianika Lagu Pelangi Pelangi Ciptaan Tuhan Buat Pemula Lengkap Dengan Liriknya

Dalam pelajaran fisika sendiri terdapat materi momen gaya dan momen inersia. Lantas, apakah itu? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui materi lengkapnya!

Tentang Momen Gaya

Penjelasan Sekilas

Momen gaya adalah perkalian antara gaya dan lengan gaya di suatu sumbu putar yang menyebabkan suatu benda berputar atau berotasi. Momen gaya juga biasa disebut sebagai torsi. Besaran ini termasuk besaran vektor, sehingga arah sangat diperhitungkan. Sehingga besaran vektor, maka berlaku perkalian silang antara gaya dan lengan gayanya.

Secara Fisika, lambang momen gaya adalah τ (dibaca tau). Satuan momen gaya adalah Newton meter (N.m). Tahukah kamu jika momen gaya ini akan berpengaruh pada tingkat kelembaman suatu benda (momen inersia).

Sumber:

UPDATE TERBARU