Friday 3rd of May 2024

Contoh Soal Interpolasi Lagrange dan Pembahasannya, Mencari Interval Antar Variabel Bebas

×

Contoh Soal Interpolasi Lagrange dan Pembahasannya, Mencari Interval Antar Variabel Bebas

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh soal Interpolasi Lagrange yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Melansir dari berbagai sumber, Interpolasi adalah proses pencarian dan perhitungan nilai suatu fungsi yang grafiknya melewati sekumpulan titik yang diberikan. Titik-titik tersebut mungkin merupakan hasil eksperimen dalam sebuah percobaan, atau diperoleh dari sebuah fungsi yang diketahui.


Baca juga: Contoh Buku Tamu Kunjungan Kantor Perusahaan Bentuk Digital, Praktis dan Bisa Dibawa Kapan Saja!

Baca juga: Kumpulan Contoh Buku Tamu Sekolah Segala Jenjang (SD, SMP, SMA), Sering Dipakai dan Praktis!

Baca juga: Download Contoh Soal Bahasa Daerah Bugis Kelas 4 SD/MI Pilihan Ganda dan Essay, Dilengkapi dengan Kunci Jawabannya

Dalam interpolasi dicari suatu nilai yang berada di antara beberapa titik data yang telah diketahui nilainya. Untuk dapat memperkirakan nilai tersebut, pertama kali dibuat suatu fungsi atau persamaan yang melalui titik-titik data.

Setelah persamaan kurva terbentuk, kemudian dihitung nilai fungsi yang berada di antara titik-titik data. Interpolasi berguna untuk menaksir harga-harga tengah antara titik data yang sudah tepat. Interpolasi mempunyai orde atau derajat.

Tentang Interpolasi Lagrange

Interpolasi Lagrange adalah teknik yang popular, karena menggunakan fungsi dalam bentuk polinom. Jika fungsi yang dicari adalah f(x) dan cacah data n.

Sumber:

UPDATE TERBARU