Tuesday 19th of March 2024

Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri: Pendiri, Sejarah, Lokasi, dan Cabangnya

×

Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri: Pendiri, Sejarah, Lokasi, dan Cabangnya

--

ASCOMAXX.com – Muslim dan muslimah wajib merapat! Apakah kamu tertarik untuk melaksanakan pendidikan di pondok pesantren? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai salah satu pondok pesantren populer di Jawa Timur yaitu Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Berdasarkan beberapa sumber, pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.


Baca juga: Download Contoh Soal Gugatan Perdata, Surat Kuasa, dan Surat Jawaban PDF

Baca juga: Cara Cek KK Jawa Tengah Pakai Wa (WhatsApp) Secara Online, Mudah dan Bisa Dilakukan Dari Mana Saja

Baca juga: Sinopsis Telefilm Datin Glam (2022) Beserta Link Nonton dan Daftar Pemerannya, Awas Nangis Bombay

Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Biasanya, area kompleks dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok Pesantren Lirboyo didirikan pada tahun 1910 M oleh K.H. Abdul Karim yang saat ini berada di bawah pimpinan salah satu cucunya, K.H. M. Anwar Manshur.

Pondok pesantren ini berafiliasi kuat kepada ormas Nahdlatul Ulama dengan tetap berdiri sebagai pesantren salaf, yaitu pesantren yang menekankan pada kemampuan membaca dan mengkaji kitab-kitab salaf (kitab kuning) sebagai sarana pembelajaran sehari-hari.

Sumber:

UPDATE TERBARU