Friday 17th of May 2024

Format Berita Acara Serah Terima Dokumen yang Baik dan Benar, Perlu Kamu Perhatikan Nih!

×

Format Berita Acara Serah Terima Dokumen yang Baik dan Benar, Perlu Kamu Perhatikan Nih!

--

ASCOMAXX.com –  Dokumen tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Keberadaan dokumen sangat penting sejak sebelum seseorang lahir bahkan sesudah manusia meninggal. Nah kalau kamu penasaran bagaimana berita acara serah terima dokumen kamu bisa baca artikel ini sampai habis ya.

Arti lain dalam KBBI, dokumen adalah barang cetakan atau naskah karangan yang dikirim melalui pos. Dokumen juga berarti rekaman suara, gambar dalam film dan sebagainya yang dapat dijadikan bukti keterangan.


Dengan mendokumentasikan sesuatu hal maka kita meninggalkan catatan peristiwa yang dapat dirujuk kembali nanti. Susan Dupuy-Briet menjabarkan bahwa sesuatu dapat disebut sebagai dokumen bila memenuhi persyaratan tertentu.

Baca juga: Kumpulan Kerajinan Tas dari Limbah Plastik Kreatif, Bisa Jadi Inovasi Mahal dengan Bahan Murah

Baca juga: Download Dokumen Berita Acara Serah Terima Jabatan DOC, Dilengkapi dengan Contoh Lengkapnya!

Baca juga: Cara Buat Gambar Ilustrasi Komik Pakai Canva, Bisa Lebih Cepat Ketimbang Manual!

BAST adalah dokumen legalitas penyerahan hasil pekerjaan dari penyedia barang/jasa kepada pemberi kerja. BAST mempunyai kedudukan penting dalam pengajuan pembayaran. Penyedia barang atau jasa setelah menyelesaikan pekerjaannya dan telah menunjukkan Berita Acara Serah Terima maka berhak memperoleh pembayaran.

BAST yang dibuat harus ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen dan juga Penyedia Jasa setelah memeriksa kesesuaian spsesifikasi Barang/Jasa yang diserahkan dengan dokumen perikatan yang telah disepakati. Untuk itu, secara garis besar, BAST adalah berkas yang menerangkan objek yang diserahkan, seperti penyerahan aset rumah atau tanah.

Berikut format BAST yang wajib ada dalam dokumen.

Sumber:

UPDATE TERBARU