Thursday 16th of May 2024

6 Arti dan Makna Mantra Sedulur Papat Limo Pancer dan Cara Pengamalannya Yang Benar

×

6 Arti dan Makna Mantra Sedulur Papat Limo Pancer dan Cara Pengamalannya Yang Benar

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai arti dan makna mantra sedulur papat limo pancer dan cara pengamalannya yang benar yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya di Indonesia. Sejarah mengungkapkan pencak silat pertama kali ditemukan di Provinsi Riau pada zaman Kerajaan Sriwijaya, yakni di abad ke-7.


Kata pencak silat berasal dari pencak yang berarti gerak dasar beladiri yang terikat dengan suatu peraturan dan silat yang memiliki arti sebagai gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian.

Baca juga: Latihan Doweran PSHT Adalah? Berikut Filosofi, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Baca juga: Download Buku Pedoman Senam Dasar PSHT Lengkap Dengan Jurusnya 1-90 PDF/DOC Buat Latihan

Baca juga: Link Download File Doa PSHT Lengkap PDF/DOC Rapalkan Setiap Hari Biar Latihan Makin Berkah

Tujuan Pencak Silat

  1. Mengembangkan Pendidikan Mental dan Spiritual
  2. Bisa digunakan ketika dibutuhkan untuk menolong diri sendiri dari tindak kriminal.
  3. Menolong orang lain ketika sedang menjadi korban tindak kriminal (kejahatan).
  4. Dalam setiap gerakan pencak silat akan ditemukan gerakan yang harmonis, luwes, dan juga enak dipandang. Sehingga pada masa penjajahan Belanda menjadi bagian dari seni pertunjukan.
  5. Pencak silat kemudian mampu menguatkan kesehatan jasmani dan rohani dengan berbagai tujuan yang dimilikinya.
  6. Pencak silat akan membantu menguasai suatu keterampilan, kemudian membantu pula dalam belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Mantra Sedulur Papat Lima Pancer (S45P)

Sebagai informasi, Mantra Sedulur Papat Lima Pancer (S45P)  timbul adanya kepercayaan tentang kekuatan roh sedulur papat yang selalu mendampingi seseorang sejak orang itu lahir. Karena itu orang jawa yang masih memelihara kepercayaan kejawen.

Namun hal ini tidak diajarkan secara menyeluruh atau sekedar mengambil pengetahuan ilmunya dari kitab primbon. Pada dasarnya keyakinan tentang Sedulur Papat Limo Pancer tetap mereka yakini, baik bagi mereka yang percaya atau tidak percaya.

Sumber:

UPDATE TERBARU