Tuesday 21st of May 2024

Macam-macam Simpul Pramuka: Fungsi dan Bentuk Ikatannya

×

Macam-macam Simpul Pramuka: Fungsi dan Bentuk Ikatannya

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi tentang macam macam simpul pramuka. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini.

Pramuka adalah sebuah organisasi yang dikenal dengan kegiatan-kegiatan alam terbuka dan kecakapan bertahan hidup. Salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang Pramuka adalah kemampuan dalam membuat simpul.


Simpul adalah sebuah pengikatan yang terdiri dari sejumlah lilitan dan ikatan yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengikat, menggantung, atau mengamankan sesuatu. Simpul ini sangat penting dalam kegiatan Pramuka dan dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Baca juga: Lagu Yel Yel Pramuka Regu Dahlia Versi Goyang Dua Jari, Gebrak Semangat dengan Joget Bersama

Baca juga: Yel Yel Pramuka Versi Lagu Meraih Bintang Paling Meriah, Beda dari Grup Sebelah Nggak Ngaruh!

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal Sandi Angka Pramuka dan Kunci Jawabannya, Belajar Jadi Makin Mudah!

Macam - macam Simpul Pramuka

1. Simpul Hidup

Simpul hidup ini berfungsi mengikat suatu benda dengan kuat, namun ikatan tidak akan susah untuk dilepas kembali. Simpul ini bisa digunakan untuk mengikat tiang, benda, atau hewan.

2.Simpul mati

Simpul mati ini adalah untuk menyambung duautas tali yang sama besarnya dan tidak licin. Simpul mati akan sulit untuk dilepaskan kembali karena digunakan untuk mengakhiri simpul tali.

Sumber:

UPDATE TERBARU