Sunday 19th of May 2024

Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa Lengkap Hingga Resepsi yang Penuh dengan Makna

×

Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa Lengkap Hingga Resepsi yang Penuh dengan Makna

--

7. Bobot Timbang

Bobot timbang yaitu ayah mempelai putri duduk di pelaminan dan kedua pahanya diduduki kedua mempelai. Ini lambang bahwa ayah mempelai wanita telah menerima menantunya dengan baik dan menganggapnya sebagai anak sendiri.

Baca juga: Nonton Series Max Does Murder Sleep? (2023) Full Episode Sub Indo, Bongkar Fakta Pola Tidur Penjahat yang Bikin Melongo


Baca juga: Kumpulan Pola Baju Gamis Syari, Tetap Tampil Anggunly dan Cantik Meski Tertutup

Baca juga: Pola Lantai Tari Indang atau Tari Dindin Badindin Khas Tanah Pariaman Provinsi Sumatera Barat

8. Nanem Jero

Yaitu ayah menekan bahu pengantin agar duduk di pelaminan, artinya kedua mempelai diberi tugas untuk memberi keturunan yang baik dan menjadi orang tua yang baik pula.

9. Kacar-kucur

Yaitu mempelai pria memberi penghasilan (kaya) kepada istrinya yang dilambangkan dalam wujud kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, beras kuning dan logam. Kaya harus diterima sang istri dengan sapu tangan dan tidak boleh tercecer. Ini lambang bahwa istri harus mampu memanfaatkan secara hemat dan cermat.

10. Dulangan atau Klimahan

Merupakan kedua mempelai saling menyuapkan nasi yang sudah dikepal oleh pengantin pria. Ini melambangkan bahwa dalam rumah tangga dipimpin oleh suami dan harus hidup dengan rukun, kerjasama, dan saling membantu.

11. Sungkeman

Adalah simbol ungkapan dharma bhakti kepada orang tua serta mohon doa restu dengan berjongkok seperti orang menyembah menyentuh lutut orang tua. Saat sungkeman, keris pusaka yang dipakai pengantin putra harus dilepas dulu.

Sumber:

UPDATE TERBARU