Sunday 19th of May 2024

Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa Lengkap Hingga Resepsi yang Penuh dengan Makna

×

Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa Lengkap Hingga Resepsi yang Penuh dengan Makna

--

4. Midodareni

Yaitu mempelai wanita bersama ibu, ayah, dan teman-temannya memanjatkan doa agar ijab kabul dan pesta pernikahan keesokan hari berjalan lancar dan mempelai wanita tampak cantik seperti bidadari.

Baca juga: Tutorial Gambar Komik Mudah, Bisa Untuk Latihan Para Pemula!


Baca juga: Kunci Gitar Yang Hujan Turun Lagi Lengkap Dengan Tutorial Video Lagu Ratih Purwasih Antara Benci dan Rindu

Baca juga: Download Gambar Jurus PSHT 1-36 Gratis, Dilengkapi dengan Penjelasan dan Tutorial Pelaksanaannya

Sebelum berdoa bersama, kedua orang tua menyuapi putrinya sebagai lambang suapan terakhir (dulangan pungkasan). Saat itu pula terkadang diadakan acara penebusan kembar mayang atau sekar maneka warna (berbagai macam bunga). Kembar mayang sebagai simbol dari kesejahteraan semesta.

5. Ijab Kabul

Merupakan akad nikah atas pengesahan seorang pria dengan wanita menjadi suami istri. Ijab kabul dilakukan di hadapan penghulu, wali, saksi, dan disiarkan kepada masyarakat luas agar kelak tidak terjadi fitnah atas perilaku yang diperbuat oleh keduanya.

6. Panggih atau Temu Manten

Selepas ijab kabul biasanya dilanjutkan dengan upacara panggih atau temu manten. Pada acara panggih, pengantin pria dan wanita terlebih dulu dirias. Rombongan pihak keluarga penganten pria membawa sanggan tebusan yang akan diserahkan kepada orang tua pengantin wanita.

Acara panggih di tiap daerah berbeda menurut kebiasaannya masing-masing. Ada yang hanya sekadar bersalaman antara pengantin pria dengan pengantin wanita. Ada pula yang menggunakan sarana midak tigan, yaitu pengantin pria menginjak telur mentah lalu kakinya dibersihkan oleh pengantin wanita.

Sumber:

UPDATE TERBARU