Friday 14th of June 2024

Huruf Pegon Arab A-Z Lengkap Beserta Cara Bacanya Yang Wajib Kamu Pelajari, Catat Biar Nggak Lupa

×

Huruf Pegon Arab A-Z Lengkap Beserta Cara Bacanya Yang Wajib Kamu Pelajari, Catat Biar Nggak Lupa

--

ASCOMAXX.com – Jika kamu sednag mau belajar pegon maka kami sudah menyampaikan artikel menarik kali ini. Berikut ini adalah pembahasan mengenai huruf pegon arab a-z yang sudah kami siapkan untukmu. Yuk cek di sini! 

Pegon berasal dari kata dari bahasa Jawa yaitu pego, yang artinya menyimpang. Huruf Pegon dianggap menyimpang dari pakem penulisan Arab karena tidak menggunakan harakat, melainkan menggunakan huruf vokal.


Penggunaan harakat dalam Huruf Pegon hanya dilakukan ketika terjadi kerancuan saja. Huruf Pegon ini merupakan produk akulturasi budaya antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan masyarakat lokal di Nusantara.

Baca juga: Huruf-huruf Istifham yang Perlu Kamu Tau, Ada Hamzah dan Hal Istifham

Baca juga: 5 Contoh Qalqalah Kubra Yang Berada Dalam Surah Pendek, Perhatikan Hurufnya Disini!

Baca juga: Teknik dan Cara Menulis Huruf Tegak Bersambung yang Benar, Cocok Untuk Pembelajaran Anak!

Tujuan utama modifikasi menjadi Huruf Pegon ini adalah untuk memudahkan dalam penyebaran agama Islam kepada masyarakat yang masih kental unsur-unsur kepercayaan lamanya. Modifikasi ini, berhasil mengolah aksara Arab yang dianggap suci hingga mudah dipahami oleh masyarakat non-Arab.

Perkembangan Huruf Pegon sendiri tidak bisa dipisahkan dari peran para santri dan kiai di pondok pesantren. Meski demikian, keberadaan Huruf Pegon sendiri diduga sudah ada sejak awal dakwah Islam masuk ke Nusantara.

Di Indonesia sendiri ada dua aksara yang merupakan hasil modifikasi dari huruf-huruf Arab. Pertama, Huruf Jawi atau Arab Melayu, dan kedua Huruf Pegon atau Arab Jawa.

Sumber:

UPDATE TERBARU