Saturday 20th of April 2024

Apa Itu Jaringan Irigasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

×

Apa Itu Jaringan Irigasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

--

Jaringan Irigasi

Jaringan irigasi merupakan unit saluran dan struktur yang diperlukan mengatur air irigasi mulai dari penyediaan, pengumpulan, pendistribusian, administrasi dan penggunaan.

Baca juga: 7 Aplikasi Translate Bahasa Banjar Terbaru 2023 dan Link Downloadnya, Terjemahkan Hanya dengan Sekali Klik


Baca juga: Daftar Kode Command Aplikasi Pocket Girl, Game Dewasa yang Viral di TikTok Hingga Facebook

Baca juga: Cara Cek Kurs Mata Uang Asing yang Mudah dan Praktis, Bisa Manual dan Lewat Aplikasi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2001 tentang irigasi, pengertian jaringan irigasi adalah saluran, bangunan dan struktur tambahan membentuk satu kesatuan yang diperlukan mengatur air irigasi mulai dari penyediaan, pengumpulan, pendistribusian, pengelolaan, penggunaan dan pembuangan.

Terdarpat dua jenis jaringan irigasi, yaitu:

- Jaringan irigasi utama adalah jaringan irigasi yang terletak sistem irigasi, mulai dari bangunan induk, saluran induk/induk, bangunan lampiran, gambar dan bangunan tambahan.

- Jaringan irigasi level 3 merupakan jaringan irigasi fungsional infrastruktur pasokan air di petak tingkat 3 yang terdiri dari kanal penyedia layanan disebut saluran tersier, saluran divisi disebut saluran kuarter dan saluran evakuasi dan saluran tambahannya, termasuk jaringan pompa irigasi dengan area layanan yang luas berasimilasi dengan areal tersier.

Jika dilihat dari pemeliharaannya jaringan irigasi dapat dibedakan menjadi 4 (empat) jenis pemeliharaan, antara lain sebagai berikut:

Sumber:

UPDATE TERBARU