Wednesday 15th of May 2024

Download Kumpulan Contoh Soal Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif Beserta Kunci Jawabannya Format DOC/PDF

×

Download Kumpulan Contoh Soal Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif Beserta Kunci Jawabannya Format DOC/PDF

--

Tujuan adanya hipotesisyaitu agar peneliti memiliki cukup pengetahuan sebelum untuk  melakukan penelitian, hipotesis penelitian juga menjadi petunjuk langkah apa yang terlebih dahulu dilakukan, hipotesisi penelitian memberikan petunjuk pada pengumpulan dan penafsiaran data, hipotesis penelitian juga membantu dalam menyusun untuk melaporkan kesimpulan peneliti.

Baca juga: Aplikasi Dangdut Koplo mp3 Offline GRATIS, Unduh Sekarang untuk Mendengarkan Musik Tanpa Iklan dna Biaya Premium


Baca juga: Cara Agar Resin Epoksi Cepat Kering dalam Waktu Singkat, Begini Cara Mengaplikasikan nya!

Baca juga: Rekomendasi 3 Aplikasi Translate Inggris - Indonesia Selain Google Translate, Bisa Langsung Kamu Unduh Secara Gratis!

Pengujian Hipotesis

Uji hipotesis adalah cabang ilmu statistika inferensial yang dipergunakan untuk menguji kebenaran suatu hipotesis dan menarik kesimpulan apakah menerima atau menolak pernyataan tersebut. Tujuan dari uji hipotesis dalah untuk menetapkan suatu dasar sehingga dapat mengumpulkan bukti data-data dalam menentukan keputusan, benar atau tidaknya hipotesis tersebut.

Pada pengujian hipotesis terdapat dua jenis hipotesis yaitu hipotesis awal yang biasa dilambangkan dengan H0 (H nol) dan hipotesis alternatif yang biasa disimbolkan dengan Ha. Hipotesis awal memiliki arti yaitu perbedaan rata – rata antara kedua sampel merupakan nol dan untuk hipotesis alternatif memiliki arti yaitu perbedaan yang asli berdeda dengan nol.

Contoh Soal Uji Hipotesis

Untuk contoh soalnya adalah sebagai berikut:

Soal : Diketahui suatu penelitian mengenai hubungan antara asupan gizi dengan kesehatan tulang di kalangan remaja. Dalam penelitian ini, data sample diambil dari 100 orang remaja dengan rata-rata asupan kalsium sebesar 900 mg/hari.

Hipotesis nol dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara asupan kalsium dan kesehatan tulang, sementara hipotesis alternatif adalah terdapat hubungan positif antara asupan kalsium dan kesehatan tulang. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hitung nilai statistik uji dan nilai p untuk soal hipotesis statistik 1!

Jawaban : 

Langkah 1:

  • Hipotesis Nol (H0): tidak ada hubungan antara asupan kalsium dan kesehatan tulang
  • Hipotesis Alternatif (Ha): terdapat hubungan positif antara asupan kalsium dan kesehatan tulang

Langkah 2:

  • Tingkat Signifikasi (α): 5%

Sumber:

UPDATE TERBARU