Friday 17th of May 2024

Tips Mudah Membuat Cas HP dari Aki 12 Volt, Gampang 100% Berhasil!

×

Tips Mudah Membuat Cas HP dari Aki 12 Volt, Gampang 100% Berhasil!

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas mengenai cara membuat cas hp dari aki 12 volt. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini.

Dalam era digital saat ini, ponsel pintar telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Mereka digunakan untuk komunikasi, pekerjaan, hiburan, dan bahkan keadaan darurat. Namun, apa yang terjadi ketika Anda berada di tempat yang jauh dari sumber daya listrik atau baterai ponsel Anda hampir habis? Solusi sederhana yang dapat Anda pertimbangkan adalah memiliki charger HP darurat.


Ketika Anda berada di tempat yang jauh dari sumber daya listrik atau menghadapi situasi darurat, memiliki cara untuk mengisi daya ponsel atau perangkat lainnya bisa menjadi hal yang sangat berguna. Salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah membuat charger HP sederhana dari aki 12 volt. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Membuat Cas HP dari Aki 12 Volt : Ini Bahan dan Langkah-langkahnya

Baca juga: Cara Membuat Database Penduduk dengan Excel, Dijamin Mudah Banget dan Langsung 100% Work

Baca juga: Cara Membuat Box Speaker Lengkap Dengan Skema, Volume, dan Lubang Anginnya

Tips Membuat Cas HP dari Aki 12 Volt

  • Sebaiknya dirangkai dengan PCB, bisa PCB lobang atau matrik. Lebih baiknya sih pakai PCB yang di print, tapi tak perlu ribet juga sih soalnya ini rangkaian sederhana yang mudah dirakit dengan PCB lubang. yang penting ini boxnya, buatkan box yang bagus serapi mungkin bisa menggunakan mika atau lainnya. kalau ada bekas wadah apa gitu yang terlihat sesuai juga bisa dipakai misalnya bekas wadah sabun.
  • Q1 TIP42 bisa diganti dengan TIP2955 terutama jika pakai aki mobil, supaya lebih kuat dan tidak terlalu panas
  • Berikan sepotong aluminium sebagai heatsink/pendingin untuk Q1 TIP42/TIP2955 karena akan panas, tapi untuk IC 7805 tidak perlu diberi heatsink. Body Q1 perlu diberi isolator supaya lebih aman.
  • Untuk mencegah kerusakan HP karena gagalnya rangkaian casan yang kamu rakit, sebaiknya dicek tegangan keluarannya menggunakan avometer, pastikan keluarnya adalah 4,7-5V. USB SOCKET pastikan tidak dipasang terbalik pin Vcc, dan cara memasangnya urutan kaki sama persis seperti yang bisa dilihat pada gambar di skema karena itu gambar real.
  • Kalau bisa ujicoba dengan HP jadul / Powerbank dulu yang tidak dipakai lagi asal bisa untuk praktek, yaitu untuk  memastikan apakah casan sudah benar-benar bisa bekerja dengan baik.
  • Jika disepeda motor, bisa dimasukkan kedalam bagasinya. Kalau dimobil bisa ditempatkan di dashboard mobil atau dimana yang sekiranya tidak mengganggu. Kamu bisa memanfaatkan kabel lighter untuk mengambil tegangan dari aki mobil melalui pemanas untuk bakar r0k0k, dan hubungkan dengan rangkaian casan HP untuk aki diatas supaya lebih praktis.

Sumber:

UPDATE TERBARU