Wednesday 8th of May 2024

Kumpulan Teks Pranatacara (MC) Bahasa Jawa di Sekolah, Bisa Jadi Contoh dan Disesuaikan!

×

Kumpulan Teks Pranatacara (MC) Bahasa Jawa di Sekolah, Bisa Jadi Contoh dan Disesuaikan!

--

ASCOMAXX.com - Pranatacara biasanya adalah sebuah acara di daerah Jawa dengan menggunakan Bahasa Jawa termasuk di sekolah. Berikut ini kumpulan pranatacara atau teks MC dalam Bahasa Jawa di sekolah yang bisa jadi contoh dan bisa disesuaikan.

Walaupun saat ini sebagian besar masyarakat Jawa menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam berbagai acara perayaan, namun masih ada sebagian masyarakat Jawa yang tetap mempertahankan penggunaan bahasa Jawa sebagai medium komunikasi.


Terkait dengan tugas seorang pembawa acara berbahasa Jawa, disebut sebagai pranata cara atau pranata adicara, di mana individu ini bertindak sebagai pemandu dalam sebuah acara dan menggunakan bahasa Jawa krama.

Teks MC adalah naskah atau skenario yang dipersiapkan oleh seorang Master of Ceremony (MC) sebelum mengisi sebuah acara. Teks MC berisi rangkaian acara yang akan dilakukan, pengenalan tamu undangan, perkenalan pembicara, pengumuman, hiburan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Teks Pembawa Acara Pertemuan Wali Murid Sederhana, Singkat dan Mudah Untuk Dihafalkan

Baca juga: Berikut Contoh Naskah Pembawa Acara Non Formal Meriah, Cocok Untuk yang Masih Sering Grogi!

Baca juga: Kumpulan Teks MC (Pembawa Acara) Formal Islam Lengkap, Edit Sesuaikan Acaramu!

Di dalam teks MC, biasanya terdapat pembukaan acara yang menyampaikan salam, memperkenalkan diri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dan pembicara, serta memberikan penjelasan singkat mengenai tujuan acara.

Selain itu, teks MC juga mencakup alur acara, jeda waktu, dan detail lainnya yang dibutuhkan oleh MC untuk menjalankan acara dengan sukses. Seperti berikut ini beberapa contoh teks MC pada acara formasl yang bisa dicontoh.

Teks Pranatacara (MC) Bahasa Jawa Perpisahan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bapak Kepala Sekolah (....) ingkang kinurmatan.

Bapak/Ibu Guru saha Karyawan/Karyawati ingkang kula hurmati ugi.

Lan para kanca-kanca ingkang kula tresnani sedoyo

Sumonggo, kito sami ngaturaken puji syukur dhumateng Gusti Allah, ingkang sampung kepareng paring kanugrahan lan kasarasann sehingga kula lan panjenengan sedaya saget makempal wonten ing wanci menika.

Sumber:

UPDATE TERBARU