Sunday 9th of June 2024

Penyakit Sinusitis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya yang Ampuh!

×

Penyakit Sinusitis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya yang Ampuh!

--

ASCOMAXX.com - Penyakit sinusitis adalah salah satu penyakit hidung sepeti pilek yang cukup menganggu. Apalagi sinus menyebabkan seseorang akan mengalami pilek setiap hari diwaktu tertentu. Nah, berikut ini adalah pengertian dari penyakit sinusitis.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: 7+ Obat Kurap Membandel Ampuh yang Mudah Dicari, Kulit Bersih Lebih Bisa Tampil Lebih Percaya Diri!

Baca juga: Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami, Dijamin Melekat Erat dan Nggak Bikin Dompet Sekarat

Baca juga: Tips dan Trik Pemasangan Gigi Palsu Permanen, Lakukan Hal Ini Agar Awet dan Selalu Sehat!

Mengenal Penyakit Sinusitis

Menurut buku "Cara Cerdas Untuk Sehat" oleh Dr. Surya Sugani dan Lucia Priandarani, sinusitis adalah kondisi di mana sinus yang terletak dekat dengan saluran hidung pada sistem pernapasan bagian atas mengalami infeksi atau peradangan.

Menurut panduan The European Position Paper on Rhinosinusitis and Nasal Polyps (EP3OS), sinusitis adalah inflamasi pada mukosa hidung dan sinus paranasal yang disertai oleh dua atau lebih gejala, salah satunya adalah rasa tersumbat yang dirasakan di hidung.

Penyebab Sinusitis

Biasanya, faktor penyebab sinusitis melibatkan:

1. Alergi
2. Infeksi virus atau bakteri
3. Jamur
4. Penyumbatan saluran sinus
5. Benda asing di hidung
6. Polip hidung
7. Paparan bahan kimia dan polutan
8. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Sumber:

UPDATE TERBARU