Friday 17th of May 2024

Contoh Asas Kontinuitas Dalam Kehidupan Sehari-Hari yang Wajib Kamu Tahu

×

Contoh Asas Kontinuitas Dalam Kehidupan Sehari-Hari yang Wajib Kamu Tahu

--

Bunyi dari hukum kontinuitas

Secara matematik, kontinuitas dapat dituliskan sebagai berikut:

Q1 = Q2 = Q3 .... atau ∑Q = 0


Keterangan:

Q = debit

Artinya, debit air yang mengalir dari sebuah pipa selalu sama walaupun dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga, volume air dapat dihitung dengan mengalikan luas penampan pada pipa panjang pipa atau V = A cdot L.

Q = A/t

Oleh karena itu, persamaan debit menjadi panjang pipa yang dilalui air dapat dihitung dengan kecepatan air yang dikalikan dengan waktu atau kecepatan adalah panjang pipa dibagi waktu.

Persamaan debit dalam kontinuitas sendiri dapat dituliskan dengan rumus:

A1V1 = A2V2 = A3V3 .....

Baca juga: Contoh Soal Hidrolisis Garam Fisika SMA Tahun 2023 Lengkap Dengan Penjelasan Jawabannya, Pahami Soal Berikut Agar Lebih Mudah Mengerjakan

Baca juga: Contoh Soal Fisika Larutan Penyangga Beserta Penyelesaiannya, Latih Kemampuan Fisika mu Disini!

Baca juga: Contoh Fisika Soal Cermin Cembung : Sifat Bayangan, Rumus, Contoh Soal dan Penyelesaiannya

Contoh Asas Kontinuitas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Spray Syringe

Kendaraan yang lama tidak dicuci akan meninggalkan kotoran. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama, kotoran tersebut akan sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk memudahkan pekerjaan membersihkan kendaraan dari kotoran, kita biasa menekan ujung selang atau menggunakan spray syringe agar aliran air semakin kencang.

2. Roket

Roket dapat terbang memutuhkan daya yang besar. Pada kondisi awal, roket tidak terjadi perubahan luas. Dengan proses pembakaran mengasilkan panas dan meningkatkan suhu yang sangat tinggi. Peningkatan suhu sangat tinggi ini diikuti dengan penurunan masa jenis secara drastis yang disebabkan dari proses pemuaian. Akibatnya, perubahan masa jenis yang cepat ini dapat meningkatkan kecepatan secara drastis dan membuat roket bisa terbang.

Demikianlah ulasan yang dapat disampaikan mengenai contoh asas kontinuitas beserta pembahasannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa membantu.

Sumber:

UPDATE TERBARU