Friday 17th of May 2024

Pengertian Asas Kontinuitas Dalam Fisika Lengkap Dengan Rumus Persamaan dan Contohnya

×

Pengertian Asas Kontinuitas Dalam Fisika Lengkap Dengan Rumus Persamaan dan Contohnya

--

Persamaan Hukum Bernoulli

Persamaan hukum Bernoulli erat kaitannya dengan tekanan, kecepatan, dan ketinggian dari dua titik poin dengan aliran fluida yang massa jenis. Munculnya persamaan Bernoulli didapat dari keseimbangan energi mekanik atau energi kinetik dan energi potensial bersamaan dengan adanya tekanan yang muncul hingga menghasilkan implementasi berikut.

Tekanan + Ekinetik + Epotensial = konstan


dimana:

P     : tekanan (Pascal)
rho : massa jenis fluida (kg/m3)
v     : kecepatan fluida (m/s)
g     : percepatan gravitasi (g = 9,8 m/s2)
h     : ketinggian (m)

Baca juga: Kumpulan Soal Fisika Gelombang Mekanik Kelas 11 SMA/MA, Dilengkapi Pembahasan dan Jawaban!

Baca juga: Ruangan Penuh Kabut Disebut Juga Apa? Ada Di Film dan Pelajaran Fisika Juga Ternyata

Baca juga: Contoh Soal Bidang Miring Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Terbaru Lengkap Dengan Rumus dan Penyelesaiannya

Rumus Hukum Bernoulli

1. Aliran Tak Termampatkan

Merupakan aliran fluida yang memiliki ciri-ciri dengan tidak adanya perubahan pada besaran kerapatan massa atau densitas dari sebuah fluida di sepanjang aliran yang ada. 

2. Aliran Termampatkan

Aliran termampatkan memiliki karakteristik dengan adanya suatu perubahan pada besaran kerapatan massa atau juga disebut densitas dari fluida dalam sepanjang aliran. Contohnya material yang termasuk aliran fluida termampatkan adalah seperti udara, gas alam dan sejenisnya.

Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya massa jenis fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida termampatkan adalah: udara, gas alam, dll. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkan adalah sebagai berikut:

Itu dia informasi sekilas mengenai pengertian asas kontinuitas dan pembahasannya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU