Tuesday 21st of May 2024

Nama Iblis yang Paling Terkenal Dalam Islam dan Kisahnya yang Mampu Sesatkan Umat Manusia!

×

Nama Iblis yang Paling Terkenal Dalam Islam dan Kisahnya yang Mampu Sesatkan Umat Manusia!

--

ASCOMAXX.com – Bagi orang yang beriman kepada Allah dan Rasulullah Muhammad SAW, iblis dan setan merupakan musuh yang nyata. Alquran surah Yasin ayat ke-60 telah menegaskan hal itu. “Bukankah Aku (Allah) telah memerintahkan kepadamu wahai anak cucu Adam agar kamu tidak menyembah setan? Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagi kamu.”

Kali ini akan kami jabarkan mengenai Nama Iblis yang Paling Terkenal Dalam Islam dan Kisahnya yang akan kami sampaikan disini. Silahkan kamu simak saja pembahasannya berikut ini.


Jadi, iblis merupakan nama sesosok makhluk. Ia adalah nenek moyang dari bangsa jin, sebagaimana Adam merupakan nenek moyang umat manusia. Seperti jin yang lain, iblis diciptakan Allah dari nyala api.

Baca juga: Tata Cara Membaca Doa Khatam Al Qur'an Sesuai Sunnah Rosulullah SAW, Didoakan Malaikat hingga Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Baca juga: Download Panduan Lengkap Doa Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah yang Shahih PDF, Bisa Langsung Unduh GRATIS!

Baca juga: Apa Perbedaan Majmu Syarif Merah dan Hijau? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Adapun setan merupakan sifat dari iblis. Setan bukanlah makhluk, melainkan sifat. Sama halnya dengan kata munafik atau fasik. Jadi, sebutan setan tidak hanya berasal dari golongan jin saja, tetapi juga dari golongan manusia.

Sebagaimana firman Allah, yang artinya, “Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi musuh, yaitu setan dari jenis manusia dan jin.” (QS al-An’am [6] :112).

Dalam Majma’ al-Bahrain disebutkan, setan secara etimologis diambil dari kata sya-tha-na yang bermakna menjauh. Ini dimaksudkan mereka yang disebut setan jauh dari Allah dan menjauhkan orang beriman dari Rabb mereka.

Sumber:

UPDATE TERBARU