Tuesday 14th of May 2024

Pembagian Isim Mufrod Dalam Ajaran Islam Lengkap Dengan Cara Menggunakannya

×

Pembagian Isim Mufrod Dalam Ajaran Islam Lengkap Dengan Cara Menggunakannya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang pembagian isim mufrod dalam ajaran islam. Mari simak pembahasan berikut ini.

Al Qur’an merupakan kitab suci agama Islam. Sebagai umat muslim kita berpegang teguh kepada Al Quran sebagai petunjuk menjalankan hidup di dunia ini. Semua bacaan dalam Al Quran memiliki kedahsyatannya masing – masing.


Isim mufrad sendiri berarti kata benda yang menunjukkan arti tungggal, satu, bukan dua, tiga atau lebih dari itu. Jadi, jika ada kata benda di dalam Bahasa Arab yang menunjukkan makna satu, baik itu satu orang, satu ekor, satu buah, dan sebagainya, itu adalah isim mufrad.

Baca juga: Jadwal Travel Ratu Intan Jambi Palembang dan Harga Terbaru 2023, Cocok Untuk Mudik Lebih Praktis

Baca juga: 2 Link Download Template Contoh Surat Keterangan Ganti Rugi Tanah yang Baik dan Benar

Baca juga: Judul Skripsis Mahasiswa PGSD yang Mudah dan Menarik, Bisa Dikembangkan Untuk Penelitian Baru!

Jika bermakna dua, dinamakan isim tasniyah. Sedangkan jika bermakna lebih dari dua, dinamakan jamak, bisa jamak mudzakkar salim, jamak muannats salim atau jamak taksir.

Definisi isim menurut beberapa pakar

  • اْلاِسْمُ هُوَ كَلِمَةٌ دَلَّتْ عَلَى مَعْنًى فِى نَفْسِهَا وَلَمْ تَقْتَرِنْ بِزَمَنٍ وَضْعًا. Isim adalah kata yang mengandung arti mandiri dan tidak tergantung pada waktu, definisi ini dituliskan oleh Djuha dama bukunya Tata Bahasa Arab (Ilmu Nahwu): Terjemah Matan al-Ajrumiyah Berikut Penjelasan.
  • Definisi isim menurut Wahyudin dalam buku Mengenal Ilmu Nahwu: Sebuah Penjelasan Dari Matan al-Ajrumiyah diartikan: اْلاِسْمُ هُوَ كُلُّ كَلِمَةٍ تَدُلُّ عَلَى ذَاتٍ اَوْ صِفَةٍ (isim adalah setiap kata/kalimah yang menunjukkan pada benda atau sifat).

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU