Tuesday 21st of May 2024

Cek Gula Darah di Puskesmas Apakah Bisa Pakai BPJS? Begini Jawaban Dokter Spesialis!

×

Cek Gula Darah di Puskesmas Apakah Bisa Pakai BPJS? Begini Jawaban Dokter Spesialis!

--

Cek Gula Darah di Puskesmas Apakah Bisa Pakai BPJS?

Sayangnya tidak,  Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 59 Tahun 2014, pemeriksaan laboratorium di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dijamin oleh BPJS Kesehatan antara lain meliputi pemeriksaan darah rutin, urin rutin, feses sederhana (FKTP tertentu), dan gula darah. Selain jarum suntik insulin, alat cek kadar gula darah (glucose stik) juga tak ditanggung BPJS Kesehatan. Keluarga pasien pun harus merogoh kocek untuk membeli alat tersebut.

Diketahui, peserta yang terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, akan mendapatkan berbagai fasilitas yang bisa digunakan seumur hidup.


Hal pertama yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pelayanan kesehatan tingkat pertama membiayai pelayanan kesehatan umum yang mencakup:

Baca juga: Tips Aman agar Tehindar dari Dampak Negatif HP bagi Kesehatan, Buat yang Maniak HP Wajib Perhatikan!

Baca juga: Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas Indonesia Lengkap dan Terbaru 2023, Ada yang Ditanggung Pakai BPJS Juga Lho!

Baca juga: Daftar Tempat USG Kehamilan Terdekat di Surabaya, Menerima Pelayanan Menggunakan BPJS

Biaya administrasi pelayanan kesehatan.

  • Pelayanan promotif dan preventif seperti penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana (konseling, vasektomi, atau tubektomi), dan skrining kesehatan untuk mendeteksi risiko penyakit serta mencegah dampak lanjutan penyakit.
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis.
  • Tindakan medis nonspesialistik (umum), baik yang membutuhkan pembedahan atau tidak.
  • Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai.
  • Transfusi darah sesuai dengan kebutuhan medis.
  • Pemeriksaan penunjang melalui diagnosis laboratorium tingkat pertama

Sekian dulu bahasan kami kali ini mengenai Cek Gula Darah di Puskesmas Apakah Bisa Pakai BPJS? Begini Jawaban Dokter Spesialis! yang bisa kami sampaikan pada kesempatan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU