Monday 20th of May 2024

Contoh Surat Keputusan (SK) Pensiun PNS yang Baik dan Benar Sesuai Aturan Berlaku

×

Contoh Surat Keputusan (SK) Pensiun PNS yang Baik dan Benar Sesuai Aturan Berlaku

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh surat keputusan pensiun PNS yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Surat keputusan adalah sebuah surat yang berisi suatu keputusan yang dibuat oleh pimpinan suatu organisasi atau lembaga pemerintahan berkaitan dengan kebijakan organisasi atau lembaga tersebut.


Baca juga: Cara Mendapatkan Surat Keterangan Hamil dari Bidan di Puskesmas dengan Mudah, Begini Syarat yang Harus Dipenuhi

Baca juga: Ide Jurnal Stiker Tema K-Pop dan Cara Membuatnya, Jadi Makin Semangat Karena Ada Foto Idol Favorit!

Baca juga: Mengenal Izin Usaha Industri OSS dan Cara Mendapatkannya, Pelaku Usaha Wajib Tau Ya!

Secara umum, fungsi surat keputusan atau SK adalah untuk menentukan atau menetaapkan status resmi seseorang dalam sebuah badan organisasi. Surat keputusan atau SK umumnya dibuat oleh pemegang jabatan untuk meresmikan keputusannya sehingga dapat dipertanggungjawabkan di depan hukum.

Untuk menambah informasi, berikut ini unsur-unsur yang wajib ada pada SK:

  • Konsiderans. Awalan surat yang berisi pertimbangan dalam pembuatan SK. Umumnya, konsiderans memuat undang-undang, peraturan, usulan, dan keputusan terdahulu yang terkait surat perihal.
  • Desideratum. Bagian ini menjelaskan tujuan surat, termasuk tujuan keputusan tersebut.
  • Diktum. Bagian ini menjelasankan isi surat dan merupakan bagian terpenting dari surat.

Surat Keputusan Pensiun PNS

Setiap PNS yang pensiun akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pensiun sebagai tanda bukti secara tertulis bahwa PNS tersebut telah mendapatkan hak pensiunnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU