Tuesday 14th of May 2024

Kumpulan Contoh Bacaan Idgham Mutamatsilain dalam Al Quran, Mempermudah dalam Memahami Hukum Tajwidnya

×

Kumpulan Contoh Bacaan Idgham Mutamatsilain dalam  Al Quran, Mempermudah dalam Memahami Hukum Tajwidnya

--

ASCOMAXX.com – Belajar ilmu tajwid memang sangat menarik! Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian idgham mutamatsilain kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Membaca Al-Qur'an memang memberikan banyak pahala serta keutamaan yang besar bagi seseorang. Namun, dalam membaca Al-Qur'an, kita tidak bisa asal. Ada hukum bacaan yang harus dilaksanakan yang disebut dengan tajwid.


Tajwid adalah kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu jawwada, yujawwidu, tajwiidan, yang artinya membaguskan. Jadi, tajwid adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan huruf yang benar dan di benarkan. Selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Idgham Mutamatsilain, Hukum Bacaan, Serta Contohnya

Baca juga: Download Contoh 36 Jurus PSHT Lengkap Dengan Gambar Penjelasnya

Baca juga: Contoh 36 Jurus PSHT Dengan Penjelasan Lengkapnya, Bisa Langsung Praktik!

Ilmu tajwid berkaitan dengan pelafalan huruf-huruf hijaiyah dan tata cara dalam melafalkan huruf-huruf tersebut dengan baik dan benar. Karena akan ada huruf-huruf yang dibaca panjang, tebal, tipis, berhenti terang, berdengung, dan sebagainya.

Karenanya, melalui artikel kali in akan kami sampaikan informasi mengenai pengertian idgham mutamatsilain dan hukum bacaannya yang wajib kamu ketahui di sini! 

Mengenal Idgham Mutamatsilain

Idgham mutamatsilain adalah salah satu konsep tajwid yang mengacu pada penyatuan suara atau penggabungan suara antara dua huruf yang bertemu dalam bacaan Al-Quran. Konsep ini terjadi ketika huruf nun sukun (نْ) atau tanwin (nun mati, tanwin fathah, tanwin kasrah, dan tanwin dhammah) bertemu dengan huruf mim (م) atau huruf wau (و). Dalam idgham mutamatsilain, suara nun atau tanwin dimasukkan ke dalam huruf mim atau wau yang mengikuti, sehingga tidak terdengar jelas sebagai bunyi terpisah.

Sumber:

UPDATE TERBARU