Friday 17th of May 2024

Metode Pembelajaran Pondok Modern Darussalam Gontor, Mendidik Untuk Hidup Bermasyarakat Karena Allah SWT

×

Metode Pembelajaran Pondok Modern Darussalam Gontor, Mendidik Untuk Hidup Bermasyarakat Karena Allah SWT

--


Oleh sebab itu, sejak awal mula berdirinya, Pondok Modern Gontor telah mencanangkan bahwa “pendidikan lebih penting daripada pengajaran”.

Baca juga: Sinopsis Film Kitab Kencan (2023) Trik Unik Para Influencer Buat Dapat Pasangan

Baca juga: Nonton Drama China The Blood of Youth Episode 33 Sub Indo, Tayang Malam Ini! Xiao Se Kembali Buat Rencana Baru


Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Kamera Tembus Pandang Android Terbaru 2023, Bisa Buat Prank Teman Hingga Keluarga

Secara garis besar, arah dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Gontor antara lain:

- Pendidikan Kemasyarakatan

Berlandaskan semboyan, “Muslim yang berbaur dengan orang lain dan bersabar dalam menghadapi mereka, lebih baik daripada muslim yang tidak berbaur dengan manusia dan tidak bersabar atas penderitaan mereka.”

Pondok Modern Gontor menjadi laboratorium kehidupan bagi santri-santrinya. Berbagai macam hal yang akan dihadapi santri di masyarakat, dikenalkan kepada mereka sejak dini.

- Kesederhanaan

Pondok Modern Gontor mendidik para santrinya untuk hidup dengan sederhana. Sikap kesederhanaan yang berarti menjalani pola hidup wajar dan tidak berlebihan.

Sederhana tidak berarti pasif atau nerimo, tidak juga berarti miskin atau melarat. Justru dalam jiwa kesederhanaan itu terdapat nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup.

Sumber:

UPDATE TERBARU