Saturday 1st of June 2024

Alat Alat Laboratorium Biologi dan Fungsinya yang Wajib Kamu Catat, Bakalan Sering Digunakan Waktu Ujian Praktek

×

Alat Alat Laboratorium Biologi dan Fungsinya yang Wajib Kamu Catat, Bakalan Sering Digunakan Waktu Ujian Praktek

--

Alat Alat Laboratorium Biologi dan Fungsinya

Kaki Tiga

Penyangga dengan 3 kaki yang digunakan untuk menyokong alat gelas ketika dipanaskan. Selain itu Kaki tiga digunakan sebagai penyangga pembakar spiritus. 


Kawat Kasa

Jaring kawat besi dengan kasa tipis untuk mendistribusikan panas sehingga merata dan mencegah terjadinya retakan karena pemanasan langsung pada alat gelas.

Alu dan Mortar

Terbuat dari porselen. Padatan ditaruh pada mortar dan ditumbuk pelan menggunakan alu sampai halus dan menjadi bubuk.

Pembakar Bunsen

Laboratorium kimia modern menggunakan pembakar bunsen sebagai pengganti lampu spirtus untuk melakukan pemanasan. Isi dari bunsen yaitu cairan spirtus yang digunakan untuk mensterilisasi alat. Biasanya digunakan untuk mensterilisasi ose.

Lampu Spirtus

Wadah silinder beralas datar dengan sumbu ditengah sampai ke atasnya. Biasanya berisi campuran etanol dan metanol. Pada saat dinyalakan lampu spirtus dapat menghasilkan api yang sangat panas, digunakan untuk memanaskan bahan kimia.

Autoklaf

Autoklaf adalah alat yang berfungsi untuk mensterilisasi peralatan, baik itu alat-alat maupun bahan dengan tekanan 121 derajat celcius selama 15 sampai 20 menit.

Neraca Digital

Neraca digital berfungsi untuk menimbang bahan. Selain itu Neraca analitik ini merupakan alat yang digunakan untuk menimbang massa sebuah bahan ataupun media yang tingkat ketelitiannya cukup tinggi sehingga mampu menimbang hingga ukuran miligram.

Kompor Listrik

Kompor listrik yang berfungsi sebagai alat pemanas.

Baca juga: Contoh Penggunaan Rumus Slovin dalam Penelitian, dengan Pembahasan yang Lengkap

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Rumus Slovin dalam Suatu Penelitian, Lebih Sederhana dan Mudah Menghitung Populasi Besar

Baca juga: Cara Mudah Mengolah Data Kuesioner Menggunakan Microsoft Excel Untuk Analisis Penelitian

Mikroskop

Mikroskop yang berfungsi untuk mengamati benda yang berukuran sangat kecil. Mikroskop dilengkapi dengan lensa objektif dan okuler yang pilihan perbesarannya ada dari 10 kali, 40 kali, sampai 100 kali sehingga mikro organisme yang mau kita lihat bisa tampak jelas dengan menggunakan alat tersebut.

Kaca Preparat

Kaca preparat atau kaca benda alat ini berfungsi untuk meletakkan benda atau preparat yang akan diamati dengan menggunakan mikroskop.

Kaca Penutup

Kaca penutup merupakan alat yang berfungsi untuk menutup objek yang telah diletakkan di atas kaca preparat.

Batang Pengaduk Kaca

Batang pengaduk kaca berfungsi untuk mengaduk bahan kimia atau larutan yang direaksikan. Jadi jika ingin mengaduk suatu larutan, bagian yang dicelupkan kedalam larutan tersebut adalah bagian yang ada pipihnya.

Pipet Tetes

Pipet tetes berfungsi untuk mengambil larutan dalam volume sedikit. Jadi kalau ingin meneteskan suatu larutan atau suatu pelarut dalam volume yang kecil tanpa ukuran kita gunakan pipet tetes ini.

Namun pipet tetes tentunya tidak seteliti dibandingkan dengan menggunakan pipet volume ataupun pipet ukur.

Termometer

Termometer berfungsi untuk mengukur suhu.

Sumber:

UPDATE TERBARU