Saturday 1st of June 2024

20 Contoh Alat-Alat Laboratorium Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya: Catat!

×

20 Contoh Alat-Alat Laboratorium Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya: Catat!

--

20 Contoh Alat-Alat Laboratorium Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya

1. Tabung Reaksi

Tabung reaksi ini dapat digunakan pada laboratorium kimia maupun laboratorium mikrobiologi. Tabung reaksi berfungsi untuk mereaksikan bahan kimia, menumbuhkan atau membiakkan mikroorganisme pada media cair, dan untuk pengujian kualitatif.


2. Penjepit Tabung Reaksi

Penjepit berbahan besi dengan pegangan berbahan kayu atau plastik, alat laboratorium ini digunakan untuk mempermudah memegang tabung reaksi atau memindahkan tabung reaksi pada saat kondisi tabung reaksi dalam kondisi panas maupun tidak layak dipegang dengan tangan.

3. Rak Tabung Reaksi

Rak tabung reaksi terbuat dari kayu maupun plastik yang digunakan untuk menahan posisi tabung reaksi. Selain itu rak tabung reaksi berguna untuk menempatkan tabung reaksi sehingga tabung reaksi tidak mudah pecah ketika tidak ditempatkan pada wadahnya yaitu rak.

4. Labu Alas Bulat

Labu alas bulat merupakan wadah gelas berbentuk bulat di bagian dasar dan leher silinder biasanya digunakan untuk memanaskan cairan.

5. Labu Alas Datar

Labu alas datar merupakan wadah gelas berbentuk bulat dengan alas datar dan leher silinder digunakan untuk mencampur atau menyimpan bahan kimia berbentuk cairan.

Baca juga: Contoh Surat Izin Layak Operasi Alat Berat Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan

Baca juga: Mengenal SILO (Surat Izin Layak Operasi) Alat Berat dan Persyaratan Kepengurusannya

Baca juga: Khasiat Daun Jeruk Purut Untuk Alat Vital, Buat Pria Berstamina Tanpa Obat Kuat!

6. Labu Erlenmeyer

Labu Erlenmeyer digunakan untuk mencampur atau menyimpan bahan kimia berbentuk cairan juga terkadang digunakan untuk memanaskan larutan. Selain itu labu erlenmeyer juga merupakan alat yang digunakan untuk mencampurkan atau meracik larutan di satu komposisi media.

Sumber:

UPDATE TERBARU