Friday 17th of May 2024

1 PSi Berapa Kg? Satuan Tekanan yang Biasa Ditemukan Pada Ban Kendaraan

×

1 PSi Berapa Kg? Satuan Tekanan yang Biasa Ditemukan Pada Ban Kendaraan

--

ASCOMAXX.com – Di Indonesia, satuan berat umumnya diukur dalam gram, sehingga penggunaan PSi masih kurang familiar. Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan penggunaan satuan PSi, serta menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari.

Satuan PSi

PSi (Pound per Square Inch) merupakan salah satu bentuk satuan yang digunakan mengukur sebuah tekanan.


Arti dari Pound per Square Inch (PSi) dapat dijelaskan sebagai berikut: jika satuan tekanan kg/cm2 menunjukkan tekanan 1 kilogram pada setiap sentimeter persegi bidang, maka PSi mengartikan tekanan 1 Pound pada setiap inci persegi bidang.

Baca juga: Cara Menghitung Satuan Gram ke Takaran Sendok Makan, Sat Set Nggak Perlu Nimbang-nimbang Lagi

Baca juga: 1 Tumbak Berapa Meter? Ini Jawaban dan Cara Menghitung Berdasarkan Satuan Ukuran Tanah di Indonesia

Baca juga: CATAT! Daftar Lengkap Konversi Gross ke Satuan Buah, Mempermudah Kamu dalam Mengerjakan Soal

Dengan kata lain, bila sebuah bidang memiliki luas 1 inci x 1 inci (atau 1 inci persegi), tekanan gaya sebesar 1 Pound diberikan pada bidang tersebut.

Tekanan memiliki variasi nilai dalam berbagai satuan skala. PSi memiliki berbagai jenis satuan yang digunakan sebagai pengukur nilai tekanan. Umumnya, PSi dipakai di negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Dll.

Pembahasan berikutnya adalah untuk menjawab pertanyaan 1 PSi berapa kg dan 100 PSi berapa kg yang sering ditanyakan secara umum.

Sumber:

UPDATE TERBARU