Sunday 19th of May 2024

Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

×

Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

--

3. Lambang Pelantikan memiliki dasar warna coklat tua. Pada seragam putri, berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan pada seragam putra, ditempatkan di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

4. Papan nama berwarna coklat muda. Baik untuk putra maupun putri, ditempatkan di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju, dan di bawah lambang Pandu Dunia (WOSM).


5. Lambang Lokasi Kwarcab menginformasikan nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) tempat tinggal anggota pramuka. Dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas, baik pada seragam putra maupun putri.

6. Lambang Gugusdepan mencantumkan nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Pada kedua jenis seragam, ditempatkan di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Lambang Lokasi Kwarcab. Nomor gugusdepan memiliki karakter genap untuk putri dan ganjil untuk putra.

Baca juga: Tutorial Menghitung Standar Deviasi di SPSS, Dilengkapi dengan Cara Membaca Analisis Hasil Datanya

Baca juga: Ukuran Kertas A3 Plus dalam Satuan CM, MM, Inchi, Hingga Pixel Sesuai dengan Standar Internasional

Baca juga: 3 Macam Tanda Baca Puisi Yang Harus Diketahui oleh Penyair, Mempermudah dan Memperindah Bacaan Puisi

7. Badge Daerah menggambarkan lambang kwartir daerah tempat tinggal anggota pramuka. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Lambang Gugusdepan.

8. Lambang Kecakapan Khusus (TKK) Siaga berbentuk segitiga terbalik. Baik pada seragam putra maupun putri, ditempatkan di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Badge Daerah. Pemasangan maksimal lima TKK di lengan baju, sisa TKK lainnya ditempatkan di selendang (tetampan) TKK.

9. Lambang Jabatan, seperti Tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung, diletakkan di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

10. Lambang Barung berbentuk segitiga dengan warna yang sesuai dengan nama barung. Pada kedua jenis seragam, dipasang di lengan baju sebelah kiri, paling atas.

11. Lambang Kecakapan Umum (TKU) Siaga terdiri dari tiga tingkatan: Mula, Bantu, dan Tata. Dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah lambang barung.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai jenis-jenis atribut dari pramuka siaga  putri kelas SD/MI usia 7-10 tahun. Sekian informasi yang kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar.

Sumber:

UPDATE TERBARU