Sunday 5th of May 2024

Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

×

Nama-nama Atribut Pramuka Siaga Putri SD/MI, Yuk Ketahui Supaya Tidak Salah!

--

ASCOMAXX.com - Pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib yang saat ini harus diikuti oleh siswa di SD,SMP,ataupun SMA. Nah, pada kegiatan pramuka tentu terdapat atribut yang harus dilengkapi. Berikut ini adalah beberapa jenis atribut pramuka pada siagar putri SD/MI.

Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan non-formal yang berfokus pada pengembangan karakter, kepemimpinan, keterampilan, dan nilai-nilai positif pada anak-anak dan remaja.


Gerakan ini bertujuan untuk membantu anggotanya menjadi individu yang bertanggung jawab, mandiri, peduli terhadap sesama dan lingkungan, serta siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

Melalui pendekatan belajar yang menyenangkan dan interaktif, Pramuka berupaya membentuk karakter yang kokoh, sikap kepemimpinan yang tangguh, serta rasa solidaritas dan toleransi.

Gerakan Pramuka memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda yang lebih terampil, beretika, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Baca juga: Tutorial Menghitung Standar Deviasi di SPSS, Dilengkapi dengan Cara Membaca Analisis Hasil Datanya

Baca juga: Satuan Ukuran Tanah Standar Nasional dan Internasioanl yang Harus Kamu Tau, Ternyata Beda Loh!

Baca juga: Cara Menghitung Standar Deviasi di SPSS Paling Mudah, Dilengkapi dengan Tutorial Bacanya

Pramuka Golongan Siaga

Siaga merupakan tingkatan pertama pada pramuka. Nama siaga berasal dari istilah siaga yang berarti mengacu pada kesiapsiagaan masyarakat Indonesia untuk meraih Kemerdekaan sejak dibentuknya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Sehingga, pada tingkatan ini merupakan tingkatan awal yang merupakan anggota berusia 7-10 tahun atau usia SD.

Pada pramuka siaga memiliki satuan terkecil yang disebut barung. Kumpulan dari beberapa barung diberi nama perindukan. Dalam satu barung memiliki anggota siaga sebanyak lima hingga sepuluh orang yang terdiri dari pemimpin dan anggota.

Atribut Pramuka Siaga

1. Simbol penutup kepala memiliki dua bentuk, yaitu lingkaran untuk putri dan jajargenjang untuk putra, dengan warna dasar hijau. Ditempatkan di bagian depan topi pramuka.

2. Lambang Pandu Dunia (WOSM) berwarna ungu. Pada seragam putri, memiliki bentuk lingkaran dan ditempatkan di kerah baju sebelah kanan. Sedangkan pada seragam putra, berbentuk persegi dan diletakkan di dada sebelah kanan, di atas papan nama.

Sumber:

UPDATE TERBARU