Monday 13th of May 2024

Tutorial Install ESP32 di Arduino IDE, Dilengkapi dengan Cara Yl!

×

Tutorial Install ESP32 di Arduino IDE, Dilengkapi dengan Cara Yl!

--

ASCOMAXX.com - ESP32 digunakan dalam proyek IoT, dalam melakukan pengembangannya tentu harus dilakukan pemrograman terlebih dahulu melalui Arduino IDE. Nah, berikut ini akan kami bagikan mengenai cara melakukan install ESP32 beserta cara upload ke programnya.

ESP32 adalah sebuah mikrokontroler yang populer dan kuat yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok, Espressif Systems. Mikrokontroler ini sangat serbaguna dan memiliki kemampuan yang luas untuk berbagai aplikasi.


ESP32 didukung oleh arsitektur dual-core yang kuat, serta memiliki modul Wi-Fi dan Bluetooth terintegrasi, sehingga memungkinkannya untuk terhubung dengan jaringan nirkabel dan berkomunikasi dengan perangkat lain.

Baca juga: Cara Membuat Power Amplifier Kelas D dan Class T yang Mudah Buat Pemula, Begini Skemanya Dalam 7 Langkah Sederhana

Baca juga: Skema 2 Trafo Untuk Keperluan 1 Power Amplifier dan Tata Cara Menggabungkannya

Baca juga: Tips Gampang DIY Amplifier Kelas T dan D yang Anti Gagal, Tak Perlu Beli Mahal-Mahal

Selain itu, ESP32 dilengkapi dengan berbagai antarmuka input/output (I/O) yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan berbagai sensor, aktuator, dan perangkat eksternal lainnya.

Mengenal Arduino IDE

Arduino IDE (Integrated Development Environment) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memudahkan pengembangan dan pemrograman mikrokontroler Arduino. Mikrokontroler Arduino adalah sebuah platform perangkat keras open-source proyek DIY (Do It Yourself), dan Internet of Things (IoT).

Dalam Arduino IDE, pengguna dapat menulis kode menggunakan bahasa pemrograman Arduino yang berbasis pada bahasa C/C++.

IDE ini dilengkapi dengan berbagai pustaka dan fungsi bawaan yang memudahkan akses ke berbagai fitur mikrokontroler, seperti mengendalikan pin input/output (GPIO), komunikasi serial, penggunaan sensor, dan banyak lagi.

Sumber:

UPDATE TERBARU