Friday 17th of May 2024

7 Penerapan Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Manusia, Mana yang Pernah Kamu Coba

×

7 Penerapan Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Manusia, Mana yang Pernah Kamu Coba

--

Penerapan Momentum dan Impuls Dalam Kehidupan Manusia

1. Pistol

Pada saat peluru ditembakkan ke arah kanan, peluru dan pistolnya bergerak dengan kecepatan tertentu. Pistol akan tertolak berlawanan arah dengan arah gerak peluru yaitu ke arah kiri. Percepatan yang diterima oleh pistol ini berasal dari gaya reaksi peluru pada pistol (Hukum III Newton).


2. Matras

Matras dimanfaatkan untuk memperpanjang selang waktu bekerjanya gaya impuls. Ini disebabkan karena waktu kontak antara tubuh dengan lantai sangat singkat. Tapi ketika tubuh dibanting di atas matras maka waktu kontaknya lebih lama, dengan demikian gaya impuls yang bekerja juga menjadi lebih kecil.

3. Karateka

Jika kita perhatikan karateka setelah memukul lawannya dengan cepat akan menarik tangannya. Ini dilakukan agar waktu sentuh antara tangan dan bagian tubuh musuh relatif singkat. Hal ini berakibat musuh akan menerima gaya lebih besar. Semakin singkat waktu sentuh, maka gaya akan semakin besar.

Baca juga: Tujuan Flashing HP Redmi 4A, Bisa Untuk Mengatasi Bootloop atau Brick

Baca juga: Cara Flashing Redmi 4A dengan Mudah, Ada 10 Langkah yang Harus Kamu Ikuti

Baca juga: 3 Cara dan Gerakan Mengontrol Bola, Bisa Menggunakan Kaki Paha hingga Kepala

4. Mobil

Mobil didesain mudah penyok dengan tujuan memperbesar waktu sentuh pada saat tertabrak. Waktu sentuh yang lama menyebabkan gaya yang diterima mobil atau pengemudi lebih kecil dan diharapkan keselamatan penggemudi lebih terjamin.

5. Balon udara pada mobil dan sabuk pengaman

Untuk meminimalisir resiko kecelakaan tersebut, pabrikan mobil ternama menydiakan balon udara di dalam mobil (biasanya di bawah setir). Ketika terjadi kecelakaan pengemudi akan menekan tombol dan balon udara akan mengembang, sehingga waktu sentuh antara kepala atau bagian tubuh yang lain lebih lama dan gaya yang diterima lebih kecil. Sabuk pengaman juga didesain untuk mengurangi dampak kecelakaan. Sabuk pengaman didesain elastis.

6. Sarung tinju

Sarung tinju dibuat empuk dengan tujuan agar waktu kontak terjadi lebih lama. Sehingga, gaya yang dirasakan kecil. Oleh sebab itulah, sarung tinju dapat meminimalisir rasa sakit yang dirasakan oleh orang yang terkena hantaman tinju. 

7. Palu

Kepala palu dibuat dari besi supaya selang waktu kontak menjadi lebih singkat, sehingga gaya impuls yang dihasilkan lebih besar. Kalau gaya impulsnya besar, maka paku akan tertanam lebih dalam.

Demikian informasi mengenai penerapan momentum dan impuls dalam kehidupan serta aktivitas sehari-hari. Pastikan kamu sudah mencatatnya dan jangan sampai kelupaan ya! Semoga adanya informasi di ascomaxx.com kali ini bisa membantu kamu, ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU