Sunday 19th of May 2024

 Kumpulan Pantun Lucu untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pakai yang 2 Baris Saja!

×

 Kumpulan Pantun Lucu untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pakai yang 2 Baris Saja!

--

ASCOMAXX.com – Pembahasan berikut ini akan kami berikan informasi tentang contoh dari pantun tentang kemerdekaan. Hal ini berkaitan dengan bulan Agustus yang sudah kita jalani sekarang dan menjadi bulan-bulan untuk menyemarakkan kemerdekaan Indonesia.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lengkapnya, langsung saja simak pembahasan berikut ini untuk bisa mendapatkan referensi pantun kemerdekaan.


 Baca juga: Contoh Pantun Tentang Kemerdekaan, Semarakkan Kemerdekaan Indonesia

Baca juga: Ngakak! Contoh Pantun Anak FF Senggol Pemain ML dan PUBG, Cobain Dijamin Pecah

Baca juga: Contoh Pantun Pernikahan Bahasa Jawa Romantis Bikin Baper, Buat Suasana Nikahanmu Jadi Makin Intim!

Pantun memiliki ciri-ciri seperti, mempunyai 4 baris, bersajak a-b-a-b/a-a-a-a, baris 1 dan 2 berisi sampiran, baris 3 dan 4 berisi isinya pantun. Pantun sendiri memiliki beberapa jenis yang diambil berdasarkan isinya, seperti pantun nasehat, pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun cinta, pantun agama, dst.

Pantun kenalan patut, karena fungsinya untuk mengajak seseorang berkenalan. Mengutip buku Mahir Menulis Pantun dan Puisi: Panduan bagi Pelajar tulisan Eko Sugiarto, pantun kenalan biasanya mengandung kata-kata anggun, berkenalan, bertanya, jelita, manis, cantik, menawan, dst. Selain untuk menarik lawan jenis, pantun jenis ini sering dibawakan pada tradisi palang pintu betawi sebagai perkenalan calon mempelai yang akan menikah.

Sumber:

UPDATE TERBARU