Monday 6th of May 2024

Inilah Contoh Soal Persilangan Dihibrid SMP Terbaru 2023/2024, Tes Kemampuanmu Disini!

×

Inilah Contoh Soal Persilangan Dihibrid SMP Terbaru 2023/2024, Tes Kemampuanmu Disini!

--

ASCOMAXX.com – Persilangan dihibrida adalah persilangan antara dua individu sejenis yang melibatkan dua sifat beda, misalnya persilangan antara tumbuhan ercis berbiji bulat dan berwarna hijau dengan tumbuhan ercis berbiji kisut dan berwarna cokelat; padi berumur pendek dan berbulir sedikit dengan padi berumur panjang dan berbulir banyak.

Kini akan kami berikan informasi mengenai Inilah Contoh Soal Persilangan Dihibrid SMP Terbaru 2023/2024 yang akan kami bahas di bawah ini. Langsung saja simak disiniya.


Baca juga: Contoh Soal Tes Bahasa Jepang, Persiapan Ujian JLPT N5

Baca juga: Contoh Soal Assessment Promosi Jabatan PNS Lengkap Dengan Jawabannya, Jangan Lupa Belajar!

Baca juga: 10 Kumpulan Brosur Lingkungan Bahasa Inggris Kekinian, Penuh Makna dan Pesan Mendalam

Percobaan Mendel atas persilangan dihibrida menyimpulkan bahwa dalam proses pembentukan gamet, setiap pasang alel dalam satu lokus bersegregasi dan akan berpadu secara bebas dengan alel dari lokus lainnya. Hukum perpaduan bebas ini dirumuskan dari hasil observasi terhadap penyebaran fenotip F2 persilangan dihibrida.

Mendel memperoleh perbandingan fenotip F2 9 : 3 : 3 : 1,[2] misalnya persilangan dengan dua sifat beda antara biji bundar kuning dengan keriput hijau, kemudian F1 yang diperoleh biji bundar kuning. Hal ini terjadi karena setiap gen dapat berpasangan secara bebas.

Artinya, biji bundar dominan terhadap keriput, dan kuning dominan terhadap hijau. Persilangan antara F1 menghasilkan keturunan F2 dengan perbandingan fenotip antara bulat kuning : keriput kuning : bulat hijau : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1

Sumber:

UPDATE TERBARU