Thursday 2nd of May 2024

Layar TV Tidak Penuh Atas Bawah, Berikut Penyebab Kerusakan Komponen dan Cara Membenahinya

×

Layar TV Tidak Penuh Atas Bawah, Berikut Penyebab Kerusakan Komponen dan Cara Membenahinya

--

ASCOMAXX.com - Layar tidak penuh pada TV memiliki berbagai penyebab seperti settingan atau komponen. Jika kalian mengalami kendala tersbut, berikut ini cara penyebab serta cara membenahi dari komponen yang terjadi kerusakan.

Televisi atau TV ini adalah media hiburan yang memanfaatkan teknologi elektronik untuk mentransmisikan sinyal audio dan video ke perangkat penerima yang disebut televisi. Televisi telah menjadi salah satu sarana paling populer dalam menyampaikan informasi, berita, hiburan, dan konten visual kepada masyarakat luas.


Televisi juga memainkan peran penting dalam membentuk opini dan kebudayaan, serta menjadi alat efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada khalayak. Seiring dengan kemajuan teknologi, televisi telah mengalami evolusi dari model tabung hingga menjadi layar datar beresolusi tinggi.

Baca juga: TV SHARP Tidak Muncul Suara, Kenapa? Inilah Penyebab Serta Cara Membenahinya!

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Polytron yang Tak Keluar Suara, Penyebabnya Bisa Jadi Salah Setting!

Baca juga: 2 Contoh Skema Jalur Vertikal TV Polytron yang Paling Banyak Digunakan

Namun bukan berarti  TV tabung sudah tidak ada, penggunaan tv tabung hingga kini masih banyak diminati oleh masyarakat. TV tabung adalah jenis televisi yang menggunakan tabung sinar katode (CRT) untuk menampilkan gambar.

Kendalan yang terjadi pada Televisi termasuk pada TV tabung memang tak bisa dielakkan. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah tampilan gambar yang tidak bisa penuh. Nah, jika kalian juga mengalami hal tersebut, berikut ini cara membenahinya.

Penyebab Layar TV Tidak Penuh

Jika terdapat masalah pada komponen TV, maka beberapa kerusakan yang mungkin menyebabkan bagian bawah layar TV tidak terisi penuh. Beberapa masalah yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Masalah pada bagian vertikal defleksi atau vertikal output IC

Bagian vertikal defleksi atau vertikal output IC merupakan bagian penting dalam sirkuit TV yang mengatur posisi vertikal gambar pada layar. Ketika vertikal output IC tidak berfungsi dengan baik, maka gambar pada bagian bawah layar dapat menjadi tidak stabil, bergoyang, atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Sumber:

UPDATE TERBARU