Friday 17th of May 2024

Kumpulan Contoh Hadits Ahad: Tulisan Arab dan Terjemahnya

×

Kumpulan Contoh Hadits Ahad: Tulisan Arab dan Terjemahnya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang apa yang dimaksud dengan hadits ahad. Silahkan kalian siamk aratikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Jadi hadits sendiri merupakan segala yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang menjadi tumpuan umat Islam hingga saat ini. Ajaran agama Islam memiliki kitab suci AlQuran sebagai petunjuk hidup. Hadis sebagai sumber hukum kedua setelah AlQuran.


Haditsbisa dikatakan sebagai pelengkap dan penyempurna agar tidak ada kesalah pahaman dalam memaknai ajaran agama. Dalam ajaran agama Islam tidak memaksa seseorang untuk memaknai atau mendalami ilmu hadits. Semua kembali pada diri sendiri.

Berdasarkan kuantitas sanadnya hadits dibagi menjadi dua yakni hadits ahad dan juga hadits mutawattir. Nah, kali ini kami akan berfokus untuk membahas hadits ahad. Apa sih yang dimaksud dengan hadits ahad? Silahkan simak pembahasan lengkap berikut.

Baca juga: Kedudukan Hadits Ahad di Bidang Aqidah dan Hukum Menurut Para Ulama

Baca juga: Kedudukan Hadits Ahad Secara Umum, Terdapat 3 Pendapat yang Berbeda dari Para Ulama

Baca juga: Jenis-jenis Hadits Ahad dan Contohnya, Miliki Perbedaan dalam Jumlah Perawinya

Mengenal Hadits Ahad

Apabila diartikan kata ahad dalam bahasa Arab memiliki arti satu. Nama lain hadits ahad adalah Khabar Ahad, Akhbar Ahad, Khabar Wahid. Adapun pengertian hadits Ahad secara istilah, sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Manna’ Al-Qathan adalah :

مَا لَمْ يَجْمَعْ شُرْوْطَ التَّوَاتُرِ

”Hadits yang tidak terkumpul padanya syarat-syarat mutawatir atau tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir.”

Sumber:

UPDATE TERBARU