Friday 17th of May 2024

Materi Titik Didih dan Titik Beku: Pengertian dan Rumus

×

Materi Titik Didih dan Titik Beku: Pengertian dan Rumus

--

ASCOMAXX.com  -  Pada artikel kali ini kami akan memberika ringkasan informasi tentang salah satu materi kimia yakni mengenai titik didih. Nah, untuk menemukan jawabannya kalian perlu cek pembahasan selengkapnya berikut ini ya.

Dalam materi pelajaran Kimia, pastinya ada hal-hal detail yang perlu dipelajari salah satunya mengenai pembahasan titik didih. Materi ini biasanya diajarkan di sekolah. Mungkin banyak di antara kalian yang masih bingung tentang titik didih.


Sebelum belajar lebih jauh ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu titik didih di bawah ini ya.

Baca juga: Sulap Teras Jadi Ruang Tamu, Berikut Budget yang Perlu Disiapkan dalam Melakukan Renovasi Beserta Material Lengkapnya!

Baca juga: Rekomendasi Material Jendela Kokoh dan Berkualitas, Bisa Jadi Pilihan Untuk Rumah!

Baca juga: Contoh Jaring-Jaring Kerucut yang Mudah Dibuat Untuk Tugas Sekolah Materi Bangun Ruang

Apa yang Dimaksud Titik Didih?

Titik didih larutan itu sendiri sebuah fenomena meningkatkan titik didih suatu pelarut disebabkan adanya zat terlarut didalam pelarut tersebut. Ini berarti bahwa titik didih pelarut akan lebih kecil jika dibandingkan dengan titik larutan. Sebagai contoh titik didih air murni adalah 100 C jika kita melarutkan gula atau garam dapur ke dalam air maka titik didihnya akan lebih dari 100 C.

Titik didih adalah suhu pada saat tekanan uap cairan sama dengan tekanan di permukaan. Oleh karena itu,  titik didih bergantung pada tekanan di permukaan. Di permukaan laut (tekanan = 760 mmHg), air mendidih pada 100oC karena pada suhu 100oC tekanan uap air sama dengan 760 mmHg.

Sumber:

UPDATE TERBARU