Saturday 25th of May 2024

Pondok Pesantren Gus Azmi Nurul Qodim, Sejarah Singkat dan Alamat Lengkapnya

×

Pondok Pesantren Gus Azmi Nurul Qodim, Sejarah Singkat dan Alamat Lengkapnya

--

Pondok Pesantren Nurul Qadim

Pendidikan di pesantren Nurul Qadim terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan non formal. Untuk pendidikan formal terdiri dari TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah atau MTs, serta Madrasah Aliyah atau MA.

Untuk pendidikan non formal atau biasanya di pesantren salafiyah disebut dengan diniyyah juga cukup lengkap. Ada TPQ, yang selanjutnya tersedia madrasah diniyah dengan tingkatan I’dadiyah, atau masa persiapan, kemudian wustha atau tingkat menengah, dan ulya atau tingkat tinggi.


Ketiga jenjang di atas membuat pendidikan kitab kuning santri akan lebih mendalam. Kemampuan seperti membaca arab gundul, nahwu dari jurumiyah hingga alfiyah sudah menjadi makanan sehari-hari.

Terdapat jam khusus di mana santri musyawarah kitab kuning atau juga sering disebut dengan bahsul masail. Ini menjadikan santri terbiasa dengan persoalan-persoalan kontemporer di masyarakat.

Terakhir, ada jenjang satu lagi yaitu ma’had aly dengan takhassus tafsir dan ilmu tafsir. Beberapa jenjang tersebut memberikan banyak pilihan kepada santri jika ingin masuk Pesantren Nurul Qodim Probolinggo.

Baca juga: Pondok Pesantren MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto: Profil, Alamat, Jenjang Pendidikan, dan Keunggulan Ponpes

Baca juga: Sejarah Singkat Pondok Pesantren Multazam Kuningan, Ponpes Modern yang Bersistem Pendidikan Islami dan Terpadu

Baca juga: Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang: Profil, Alamat, Jenjang Pendidikan, dan Keunggulan Ponpes

Itulah informasi mengenai profil Pondok Pesantren Gus Azmi Nurul Qadim Probolinggo. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi website resminya DISINI. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU