Sunday 19th of May 2024

Cara Merakit Transistor Final Secara Paralel Paling Mudah, Praktis, dan 100% Work

×

Cara Merakit Transistor Final Secara Paralel Paling Mudah, Praktis, dan 100% Work

--

Fungsi Transistor

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari komponen transistor:

- Transistor sebagai saklar elektronik (contoh pada pesawat televisi)
- Transistor sebagai penguat sinyal (contoh pada Amplifier)
- Transistor sebagai penstabil tegangan dan arus listrik (contoh pada adaptor)


Baca juga: Link Download Foto PAP Uang di Dompet Wanita yang Jarang Muncul di Pencarian Google, Buat Status Whatsapp Oke Juga Nih!

Baca juga: Daftar Jadwal Bus Bandung Tangerang Via Tol Terbaru 2023 Lengkap Dengan Tarif dan Kontaknya Buat Pesan Tiket

Baca juga: Cara Membuat Wallpaper Bergerak di HP Infinix Hot 11S yang Gampang, Bikin Tampilan Ponsel Makin Kece

Cara Merakit Transistor Secara Paralel

Melansir dari berbagai sumber, cara paralel transistor final Toshiba 2 set sebenarnya cukup mudah sekali. Berikut adalah tutorial yang bisa kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan saat memasang transistor di setiap skema yaitu dengan menggunakan metode pemasangan yang sama antar kaki transistor.
  2. Untuk pemasangan komponen yang lain juga menggunakan cara yang sama yaitu emitor dengan emitor, kolektor dengan kolektor, dan basis dengan basis.
  3. Selanjutnya kaki basis dan kolektor dipasang dengan dua jenis transistor yaitu PNP dan NPN. Keduanya dipasang secara terpisah dan tidak tersambung satu sama lain.
  4. Tapi kaki emitor PNP dan NPN tersebut harus membentuk di output speakernya. Caranya yaitu kaki emitor bertemu antara satu dengan yang lain.
  5. Lalu di setiap kaki basis berikan resistor pembatas sebanyak 10 ohm, dan pasangkan resistor 5W sekitar 0,5 ohm hingga 0,47 ohm pada kaki emitor-nya. Ini bertujuan untuk menyeimbangkan resistor dan output sekering.
  6. Jangan lupa dalam melakukan proses tersebut harus dengan kehati-hatian. Jika tidak hati-hati maka bisa menyebabkan korslet, terutama di bagian kolektor dengan basis. Apabila sudah konslet maka akan terjadi kerusakan yang sangat fatal di setiap transistor yang ada.
  7. Ada sedikit tips yang bisa Anda pakai untuk mengetahui urutan kaki-nya. Di arah kiri paling depan merupakan basis, di tengah kolektor, dan terakhir baru emitor.
  8. Dengan memasang transistor tentunya juga butuh tambahan pendingin yang lebih besar. Karena saat menambah tegangan maka beban kerja dari transistor final akan semakin meningkat, yang mana suhu-nya juga akan meningkat.
  9. Jadi Anda sebaiknya juga menambah voltase pada power supply atau sumber daya agar sumber daya yang diperlukan transistor bisa terpenuhi.
  10. Perlu Anda tahu jika daya pada sistem OCL semakin tinggi maka sebaiknya menambah transistor final dengan daya PSU.

Demikianlah informasi mengenai cara merakit transistor final secara paralel yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

UPDATE TERBARU