Friday 17th of May 2024

Cara Menghitung Biaya Las: Jasa Tukang, Bahan dan Kebutuhan Lain

×

Cara Menghitung Biaya Las: Jasa Tukang, Bahan dan Kebutuhan Lain

--

ASCOMAXX.com - Memperhatikan atau melakukan perhitungan biaya pengelasan ini penting sekali. Hal ini untuk mempersiapkan biaya agar ketika sudah jalan tidak kaget. Berikut ini cara menghitung biaya las mulai dari tukang hingga bahan-bahannya.

Jasa las biasanya disediakan oleh para profesional yang terlatih dalam proses pengelasan dan memiliki pengetahuan tentang jenis logam yang berbeda, teknik pengelasan yang tepat, dan keamanan dalam melakukan pekerjaan.


Proses pengelasan melibatkan penggunaan alat dan peralatan khusus, seperti mesin las, elektroda, gas pelindung, dan perlengkapan keselamatan. Jasa las biasanya menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan pengelasan.

Baca juga: Rincian Biaya Pembuatan Kanopi Teras Rumah, Lengkap dengan Jasa Pemasangannya!

Baca juga: Cek Info Biaya Admin BCA, Mulai Dari Bunga, Setoran Awal, dan Saldo Minimum Terbaru Tahun 2023

Baca juga: Daftar Harga Sendok 1 Lusin Terlengkap Semua Merk, Mulai Kualitas Lokal Hingga Luar Negeri!

Penting untuk memilih penyedia jasa las yang berpengalaman dan terpercaya untuk memastikan pekerjaan pengelasan dilakukan dengan baik dan aman. Pastikan untuk memeriksa referensi dan melihat contoh pekerjaan sebelum memutuskan menggunakan jasa las tertentu. Berikut ini cara menghitung biaya las yang dilasir dari kawatlas.jayamanunggal.com.

Cara Menghitung Biaya Las

Untuk menghitung biaya pengelasan per kilogram (kg) logam las, ada beberapa data yang perlu diketahui:

1. Operating Factor (%)

Operating Factor adalah persentase dari jumlah jam kerja seorang welder untuk pekerjaan las. Misalnya, jika seorang welder bekerja selama 8 jam per hari dan menggunakan api las selama 2 jam,

maka Operating Factor welder tersebut adalah 2/8 x 100% = 25%. Biasanya, nilai Operating Factor untuk SMAW sekitar 30%, GMAW dan FCAW (manual) sekitar 45%, dan GMAW dan FCAW (automatic) sekitar 75% berdasarkan pengalaman.

2. Biaya Pegawai dan Overhead per jam

Ini adalah biaya yang terkait dengan upah pegawai dan biaya overhead perusahaan per jam. Biasanya, data yang akurat dan rinci mungkin tidak tersedia, tetapi perkiraan nilai bisa digunakan untuk perhitungan sementara.

Sumber:

UPDATE TERBARU