Tuesday 21st of May 2024

Dimana Letak Nomor Registrasi Akta Lahir Versi Terbaru? Simak Informasinya Disini!

×

Dimana Letak Nomor Registrasi Akta Lahir Versi Terbaru? Simak Informasinya Disini!

--

ASCOMAXX.com - Akta kelahiran adalah suatu dokumen identitas autentik yang wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia. Dokumen ini sebagai bukti sah terkait status dan peristiwa kelahiran seseorang dan termasuk hak setiap anak Indonesia. Akta kelahiran dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Jika dahulu pengurusan akta kelahiran dilakukan di kelurahan, sekarang pengurusan ini dilakukan langsung di Dinas Kependudukan Catatan Sipil. Satu hal yang perlu diperhatikan, pengurusan akta kelahiran tidak lagi dibuat berdasarkan peristiwa namun diganti berdasarkan domisili (sesuai dengan KTP).


Lalu Letak Nomor Registrasi Akta Lahir itu berada di mana? berikut ini akan kami sampaikan kamu di bawah ini. Silahkan baca artikel ini hingga usai ya.

Baca juga: Link Download Format Label Undangan Excel dengan Banyak Pilihan, Disertai Tata Cara Membuatnya

Baca juga: Tutorial Menghitung Standar Deviasi di SPSS, Dilengkapi dengan Cara Membaca Analisis Hasil Datanya

Baca juga: Tutorial Skip Video Pelatihan Prakerja di HP Maupun PC, Anti Ribet dan Gak Nunggu Lama!

Dokumen ini dibuat berdasarkan laporan kelahiran dari penduduk kepada Disdukcapil. Menurut UU 24/2013 Tentang Perubahan Atas UU 23/2006 Tentang Administrasi Kependudukan, pendaftaran kelahiran selambat-lambatnya dilakukan 60 hari sejak tanggal kelahiran.

Akta Kelahiran bisa membantu anak-anak tersebut untuk mendapatkan hak-hak kewarganegaraan mereka yang lain, seperti mendapatkan bantuan pendidikan (beasiswa), KTP-el, pekerjaan, jaminan asuransi kesehatan, dll. Kepemilihan Akta Kelahiran juga penting untuk melindungi anak-anak dari upaya eksploitasi atau trafficking.

Sumber:

UPDATE TERBARU