Wednesday 15th of May 2024

Pada Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan Zaman Apa?

×

Pada Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan Zaman Apa?

--

Masa Pembabakan Sejarah

Zaman Paleolitikum

Kehidupan yang berpindah-pindah tempat berada pada zaman batu tua atau masa paleolitikum. Zaman ini berada pada sekitar 600 ribu tahun yang lalu. Ciri-ciri kehidupan manusia masa berburu dan meramu adalah sebagai berikut:


1. Hidup Berpindah-Pindah

Manusia purba pada zaman ini hidup secara nomaden seperti di gua, hutan dan sebagainya. Mereka berpindah-pindah menyesuaikan dengan musim tumbuhan atau keberadaan hewan buruan.

2. Bergantung Pada Alam

Kehidupan manusia purba sangat bergantung pada kondisi alam. Mereka biasanya mencari makanan dengan berburu dan meramu.

3. Alat Perkakas yang Digunakan Masih Kasar

Alat perkakas yang digunakan pada zaman ini masih kasar yang digunakan untuk berburu serta memotong hewan. Misalnya adalah kapak genggam.

4. Peninggalan

Homo Wajakensis, Homo Erectus dan Meganthropus Paleojavanicus adalah jenis manusia yang bisa ditemukan di era ini. Adapun peninggalan dari zaman ini yaitu Kebudayaan Pacitan dan Ngandong.

Baca juga: Contoh Soal Sandi Ular Pramuka Siaga Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Mengenal Sandi Ular yang Mulai Diajarkan di Tingkatan Pramuka Siaga: Pengertian dan Cara Mengerjakannya

Baca juga: 15 Jenis Sandi Dalam Pramuka yang Wajib Kamu Tahu, Ada Sandi Ular Juga Loh

Zaman Kala Pleistosen

Masa kehidupan berburu dan berpindah berlangsung bersamaan dengan zaman Kala Pleistosen atau zaman kuarter. Ini merupakan masa terakhir dari masa Neozoikum yang berlangsung bersamaan dengan masa Paleolithikum.

Zaman ini terdiri dari zaman es, interglasial dan kala holosen. Zaman kuarter ini dimulai kurang lebih 600 ribu tahun yang lalu. Manusia yang hidup di zaman ini adalah Homo Sapiens dan kondisi bumi masih banyak ditutupi oleh es. Pada masa ini banyak ditemukan fosil seperti harimau, fosil Homo Erectus dan sebagainya.

Pada Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan Zaman Apa?

Setelah membaca ulasan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa masa kehidupan berburu dan berpindah berlangsung bersamaan dengan zaman kala pleistosen atau zaman kuarter.

Yang mana pada kedua zaman tersebut manusia masih hidup secara nomaden, bergantung dengan alam seperti berburu hewan dan meramu dalam mencari makanan.

Mudah bukan? Itulah informasi mengenai masa kehidupan berburu dan berpindah pindah berlangsung bersamaan dengan, yang bisa kalian jadikan acuan dalam menjawab soal tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Sumber:

UPDATE TERBARU