Sunday 19th of May 2024

Pengertian Kuda-kuda Serta Atap Pada Konstruksi Bangunan, Lengkap dengan Fungsinya!

×

Pengertian Kuda-kuda Serta Atap Pada Konstruksi Bangunan, Lengkap dengan Fungsinya!

--

ASCOMAXX.com - Kuda-kuda dan atap menjadi satu kesatuan elemen yang tidak bisa dipisahkan. Dalam pembuatan atap tanpa cor, baisanya menggunakan kuda-kuda sesuai dengan jenisnya. Berikut ini pengertian dari kuda-kuda serta atap pada konstruksi bangunan.

Sebuah bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, pipa atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut. 


Bangunan umumnya terdiri dari berbagai elemen seperti dinding, lantai, atap, pintu, dan jendela. Bahan yang digunakan dalam pembangunan bangunan bisa beragam, seperti semen, beton, batu bata, kayu, logam, atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut. 

Baca juga: Berikut Jenis Besi UNP Kanal U Pada Konstruksi Bangunan, Penting Diketahui Sebelum Membeli!

Baca juga: Daftar Harga Kasur Spring Bed Terbaru 2023, Lengkap Berbagai Merk Mulai Rp 1 Jutaan!

Baca juga: Harga Seng Bekas Terlengkap dan Terbaru 2023, Semua Jenis dan Ukuran Tersedia!

Pengertian Kuda-kuda

Kuda-kuda pada bangunan adalah elemen struktural yang berfungsi sebagai penopang dan mendistribusikan beban bangunan ke fondasi. Kuda-kuda, juga dikenal sebagai balok atau rangka, umumnya terbuat dari bahan seperti kayu, logam, atau beton bertulang.

Kuda-kuda ditempatkan dalam konstruksi bangunan untuk membentuk struktur rangka yang stabil. Mereka diletakkan secara strategis di sepanjang dinding dan di bawah lantai untuk mendukung beban struktural seperti dinding, lantai, dan atap.

Ada beberapa jenis kuda-kuda yang digunakan dalam bangunan, tergantung pada jenis bangunan dan kebutuhan strukturalnya. Salah satunya kuda-kuda kayu yang sering digunakan dalam konstruksi rumah atau bangunan komersial kecil. 

Sumber:

UPDATE TERBARU