Saturday 11th of May 2024

Contoh Soal Menghitung Kedalaman Laut Beserta Rumusnya Lengkap, Belajar Fisika Jadi Makin Gampang!

×

Contoh Soal Menghitung Kedalaman Laut Beserta Rumusnya Lengkap, Belajar Fisika Jadi Makin Gampang!

--

ASCOMAXX.com -  Laut adalah kumpulan air asin yang sangat luas yang memisahkan benua yang satu dengan benua yang lainnya, dan juga memisahkan pulau yang satu dengan yang lainnya. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.

Menurut Laboratorium Lingkungan Kelautan Pasifik milik Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (PMEL NOAA), kedalaman laut rata-rata adalah 12.566 kaki atau sekitar 3.800 meter. Sementara laut terdalam sejauh ini tercatat berada di kedalaman 36.200 kaki atau 11.000 meter.


Lalu bagaimana cara menghitung Kedalaman Laut ? kini akan kami bagikan mengenai Contoh Soal Menghitung Kedalaman Laut Beserta Rumusnya Lengkap yang kami rangkum di bawah ini. Langsung saja ya simak pembahasannya.

Baca juga: Rumus Sisi Miring Trapesium dan Cara Menghitungnya, Lengkap dengan Pembahasannya

Baca juga: Link Download Kumpulan Soal Kimia Titrasi Asam Basa Terbaru 2023 Beserta Rumus dan Pembahasannya Gratis

Baca juga: Contoh Soal Bidang Miring Fisika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Terbaru Lengkap Dengan Rumus dan Penyelesaiannya

Rumus Menghitung Kedalaman Laut

S = ½ (VxT)
S adalah kedalaman laut
V adalah kecepatan gelombang ultrasonik (m/s)
T adalah waktu tiba gelombang ultrasonik setelah dipantulkan dari dasar laut (s)

Contoh Soal Menghitung Kedalaman Laut

1. Sebuah kapal akan mengukur kedalaman sebuah laut. Maka dari itu, kapal tersebut memantulkan gelombang Ultrasonik dan gelombang tersebut memantul 4 detik (s) kemudian. Diketahui kecepatan rambat bunyi di dalam laut adalah 1.400 m/s . Maka, berapa meter kedalaman laut tersebut?

Diketahui bahwa

V = 1.400 m/s
T = 4 detik (s)

Ditanya: S atau kedalaman laut

Sumber:

UPDATE TERBARU