Saturday 18th of May 2024

Kondar Pinjol adalah: Berikut Pengertian dan Bahayanya yang Bikin Tidur Tidak Nyenyak

×

Kondar Pinjol adalah: Berikut Pengertian dan Bahayanya yang Bikin Tidur Tidak Nyenyak

--

Dalam kasus pinjaman online, tidak hanya peminjam yang menjadi target utama oleh debt collector (DC), tetapi juga kontak darurat yang telah terdaftar. Hal ini tak jarang membuat, banyak orang mengalami gangguan oleh DC pinjol meskipun mereka tidak pernah mendaftar atau menggunakan jasa pinjaman tersebut.

Usut punya usut, ini terjadi karena banyak pinjol ilegal yang ternyata memiliki akses terhadap kontak pengguna. Pinjol akan bisa melihat daftar kontak di ponsel peminjam dan dengan leluasa menghubungi kontak di dalamnya.


Baca juga: Apakah Pinjol Ilegal Ada DC Lapangannya, Yuk Cek Informasi Selengkapnya di Sini

Baca juga: Pinjol Ilegal yang Punya DC Lapangan, Waspada Kalau Ambil Pinjaman di Sini

Baca juga: Daftar Pinjol Ilegal yang Tidak Punya DC Lapangan, Jangan Salah Ancamannya Bisa Lebih Ngeri Kalau Glbay

Hukum Mengakses Kondar 

Berdasarkan situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pinjol legal atau fintech yang terdaftar di OJK hanya diizinkan untuk meminta akses kamera, lokasi, dan suara. Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Riswinandi, aplikasi-aplikasi yang sudah terdaftar tidak bisa mengakses kontak pengguna karena teknologinya sendiri sudah berada di bawah pengawasan OJK.

Tak seperti pinjol ilegal yang tidak memiliki izin resmi dari OJK, oknum ini sering kali meminta akses kontak pengguna. Jika pengguna gagal membayar cicilan, pinjol ilegal akan mengakses kontak pengguna tersebut dan meneror beberapa kontak untuk melakukan penagihan.

Sebab itulah sebagai pengguna kamu wajib berhati-hati dengan pinjol ilegal. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu izin akses yang diminta oleh aplikasi pinjol. Jika ternyata aplikasi tersebut meminta izin akses kontak, sebaiknya tolak dan hapus aplikasinya.

Cek Pinjol Bisa Mengakses Kontak Atau Tidak

Untuk memastikan apakah sebuah aplikasi pinjaman online (pinjol) bisa mengakses kontak di ponsel, kamu bisa melakukan pengecekan secara manual. Meskipun aplikasi pinjol resmi tidak akan meminta izin akses kontak di ponsel, namun jika masih meragukan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksanya:

Sumber:

UPDATE TERBARU