Friday 10th of May 2024

3 Contoh Pembukuan yang Digunakan Bendahara yang Wajib Kamu Tahu, Begini Penjelasannya

×

3 Contoh Pembukuan yang Digunakan Bendahara yang Wajib Kamu Tahu, Begini Penjelasannya

--

ASCOMAXX.com - Bendahara merupakan sebuah tugas yang mengemban tanggung jawab besar dalam mengelola keuangan dalam sebuah organisasi. Karenanya bendahara biasanya adalah orang yang dipercaya bisa mengurus keuangan dengan baik.

Sebab itulah diperlukan tanggung jawab besar dan juga pencatatan keuangan yang jelas dan transparan. Pembukuan bendahara ini berguna untuk menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan uang milik lembaga atau organisasi.


Biar makin paham berikut ini kami berikan informasi mengenai 3 contoh pembukuan yang digunakan bendahara yang wajib kamu tahu. Yuk simak penjelasannya yang sudah kami siapkan di sini buat kamu, ya! 

Baca juga: Cara Edit Tanda Tangan dan Stempel Transparan di Microsoft Word, Gampang Banget! Dijamin 100% Work

Baca juga: Gaji TNI AL dan Tunjangan Terbaru Tahun 2023, Mulai Golongan 1 Hingga Perwira Tinggi (Jenderal)

Baca juga: Gaji Kurir Shopee Express Terbaru Tahun 2023 Baik Motor Ataupun Mobil, Hingga 4 Juta Rupiah Per Bulan?

Pembukuan bendahara digunakan untuk mencatat siklus penerimaan dan pengeluaran organisasi, sehingga kamu bisa menunjukkan keadaan kas dan realisasi anggaran yang sesungguhnya kepada pimpinan.

Proses Pembukuan Bendahara

1. Mengumpulkan bukti transaksi

Bukti transaksi ini juga diperlukan jika kamu menemukan kesalahan pencatatan suatu hari nanti atau dimintai pertanggungjawaban pencatatan. Berikut adalah contohnya:

Sumber:

UPDATE TERBARU