Sunday 26th of May 2024

Kumpulan Geguritan (Puisi Bahasa Jawa) Tema Kebudayaan 3 Bait yang Bagus

×

Kumpulan Geguritan (Puisi Bahasa Jawa) Tema Kebudayaan 3 Bait yang Bagus

--

ASCOMAXX.com - Berikut ini adalah informasi mengenai kumpulan geguritan (puisi bahasa jawa) tema kebudayaan 3 bait langsung saja simak yuk informasi lengkapnya yang bisa kalian gunakan untuk latihan. 

Banyak orang yang suka menuliskan puisi. Puisi sendiri merupakan ragam sastra yang memiliki makna mendalam. Berdasarkan KBBI, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga dikenal sebagai seni tertulis yang isinya merupakan ungkapan pikiran, perasaan, mengandung pesan, dan bahasanya indah.


Puisi bisa ditulis untuk siapa saja, untuk teman, ayah ibu, keluarga, sahabat, guru, dan lain sebagainya. Kali ini kami akan berfokus contoh puisi dengan tanda jeda dan intonasi.

Baca juga: Contoh Ulem Ulem Pernikahan Dalam Bahasa Jawa Untuk Acara Resepsi

Baca juga: Link Download Template Undangan Ulem Ulem Pernikahan Bahasa Jawa, Unduh di Sini!

Baca juga: Viral Sumimaseng Logat Medok Bahasa Jawa, Videonya FYP di TikTok!

Sebagai informasi jadi istilah geguritan ini mungkin lebih dikenal sebagai puisi Jawa. Geguritan dapat diartikan sebagai sebuah sastra kuno yang memiliki ciri sastra lama atau klasik yang bersifat anonim atau tanpa nama pengarang/penulis.

Geguritan juga dapat diartikan sebagai seni atau sastra puisi yang dituliskan dengan bahasa Jawa dan biasanya dibacakan atau dituturkan dengan tembang yang indah. Karenanya geguritan sering digunakan untuk menyampaikan isi hati, memberi pelajaran, dan pengingat bagi yang membaca.

Seiring dengan perkembangan jaman tema yang bisa diangkat dalam geguritan cukup bervariasi. Misalnya tema geguritan tentang budaya menjadi salah satu yang cukup banyak diangkat saat ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU