Sunday 28th of April 2024

Biaya Pernikahan Duda dan Janda di KUA, Ini Selisihnya Dengan Pasangan Pengantin Baru

×

Biaya Pernikahan Duda dan Janda di KUA, Ini Selisihnya Dengan Pasangan Pengantin Baru

--

ASCOMAXX.com – Pernikahan merupakan sebuah momentum yang menjadi titik balik bagi perjalanan hidup seseorang. Dalam sebuah pernikahan tentu ada amat banyak hal yang harus dipersiapkan. Tak hanya soal fisik dan mental tapi juga meliputi kesiapan materi dan administrasi.

Janda merupakan istilah untuk wanita yang ditinggal pasangan nikahnya baik karena bercerai maupun meninggal. Duda adalah laki-laki yang ditinggal mati istrinya atau telah bercerai dengan istrinya.


Lantas apakah akan ada perbedaan jika yang menikah di KUA adalah janda atau duda? Jika kamu penasaran maka langsung saja simak informasinya melalui artikel berikut ini yang akan membahas biaya pernikahan di kua untuk duda/janda.

Baca juga: Desain Dapur Kekinian Namun Tetap Simpel di Desa, Terlihat Cantik Tanpa Perlu Banyak Perabot!

Baca juga: 7 Model Dapur Simpel di Kampung, Sederhana Namun Memberikan Kesan Nyaman!

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Sederhana Gaya Pedesaan, Tetap Memberikan Kesan Aesthetic

Dalam agama Islam menikah harus dengan KUA. Selama ini 2 pernikahan yang dikenal di masyarakat, yakni pernikahan resmi dan pernikahan siri. Nikah siri adalah pernikahan dengan rukun nikah islam namun dilakukan secara diam-diam, maksud dari diam-diam disini yaitu tidak didaftarkan ke KUA.

Pernikahan siri bisa dikatakan sah jika tata cara nikah siri ini sesuai dengan rukun dan hukum dalam islam. Pernikahan resmi secara agama dan negara memang diinginkan oleh semua pasangan. Namun dengan nikah siri pasangan bisa hanya melangsungkannya secara diam-diam. 

Sumber:

UPDATE TERBARU