Wednesday 15th of May 2024

Berapa Kode ICD 10 Pada Kolesterol? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Penyebabnya!

×

Berapa Kode ICD 10 Pada Kolesterol? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Penyebabnya!

--

Faktor risiko pada penyakit kolesterol ini terdapat pada pola makan yang tidak sehat, gaya hidup tidak aktif, kelebihan berat badan, merokok, usia, serta riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau kolesterol tinggi. Kini, penyakit kolesterol bukan hanya menyerang orangtua saja, namun banyak usia muda yang sudah terserang penyakit ini.

Pada penyakit kolesterol, juga memiliki kode ICD 10 yang biasa digunakan, yaitu memiliki kode ICD 10 E78.00 pada penyakit ini.

Penyebab Penyakit Kolesterol


Terdapat beberapa penyebab penyakit kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia ini. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Faktor genetik 

Riwayat keluarga dengan penyakit kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi serupa. Kondisi ini dapat diturunkan dari orangtua ke anak melalui faktor genetik.

2. Pola makan tidak sehat

Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti makanan cepat saji, makanan olahan, daging merah berlemak, mentega, dan produk susu tinggi lemak, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Gaya hidup tidak sehat

Kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh dan mengganggu metabolisme kolesterol.

4. Obesitas atau kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya hiperkolesterolemia. Lemak berlebih dalam tubuh dapat mempengaruhi produksi dan metabolisme kolesterol.

Baca juga: Daftar Kode ICD 10 Pada Penyakit GERD, Jangan Sepelekan! Bisa Sebabkan Kematian

Baca juga: Kode BPJS Tonsilofaringitis Atau Penyakit Tenggorokan Yang Wajib Kamu Tahu

Baca juga: Gejala Penyakit Hipertiroid Beserta Penyebab dan Cara Pengobatan yang Baik

Penting untuk segera mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat dari profesional medis untuk mencegah komplikasi dan mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi. 

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait kode ICD 10 pada penyakit kolesterol beserta penyebab terjadinya penyakit tersebut yang umum terjadi. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU