Thursday 28th of March 2024

Contoh Teks Pidato Santri Salafi tentang Kemuliaan Ilmu, Singkat Padat dan Sarat Akan Makna

×

Contoh Teks Pidato Santri Salafi tentang Kemuliaan Ilmu, Singkat Padat dan Sarat Akan Makna

--

Contoh Teks Pidato Santri Salafi

Amma Ba’du

Hadirin Sekalian…


Kita semua sebagai seorang pelajar, sebagai seorang santri maka wajib hukumnya bagi kita untuk memuliakan ilmu. Hal ini karena dengan memuliakan ilmu, maka ilmu yang sudah kita miliki akan menjadi ilmu yang manfaat lagi barokah. Bagaimana bisa seseorang mendapatkan ilmu yang manfaat kalau tidak mampu memuliakan ilmu? Dan Bagaiamana bisa seseorang mendapatkan kekasih idaman hati kalau ia tidak mampu memahami kesukaannya.

Ibarat kalian memiliki harapan ingin medapatkan cinta dari seorang wanita pujaan tercinta, maka pasti terlebih dahulu kalian akan memahami apa yang menjadi kesukaannya. “Betul apa tidak?” 3x. Begitu juga dalam hal mencari ilmu, seseorang harus paham apa yang disukai oleh ilmu.

Nah dalam “Kitab Ta’lim Muta’aalim” dijelaskan, apabila seseorang hendak mengambil kitab sebaiknya harus dalam keadaan suci. Mengapa demikian? Karena ilmu diciptakan oleh Allah dari cahaya, dan wudhu juga merupakan nur (cahaya). Jadi barang siapa yang belajar dalam keadaan punya wudhu, insya Allah ilmunya akan bertambah. Tidak hanya bertambah, ilmunya pun akan jadi ilmu yang bermanfaat. Nah itulah salah satu dari cara untuk memuliakan ilmu.

Salah satu ciri dari ilmu yang bermanfaat ialah bertambahnya hidayah pada diri seseorang. Maksudnya orang tersebut akan tertunjuki kepada kebaikan sehingga senantiasa melakukan ketaatan dan meninggalkan segala kemaksiatan. Karenanya Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin berkata:

مَنِ ازْدَادَ عِلْمًا وَلَمْ يَزْدَدْ هُدَى لَمْ يَزْدَدْ مِنَ اللَّهِ إِلا بُعْدًا

Artinya: Barang siapa yang bertambah ilmunya sementara hidayahnya tidak, maka ia tidak akan bertambah dekat kepada Allah melainkan semakin jauh”.

Baca juga: Kalimat Laer Gado Dalam Bahasa Sunda, Makna Kiasan Untuk Konteks Berikut

Baca juga: Kumpulan Teks MC Perpisahan Sekolah SD/SMP/SMA Lengkap Dari Awal Sampai Akhir Dijamin Anti Ngantuk

Baca juga: Contoh Teks MC Acara Perpisahan Wisuda yang Simpel, Modern, dan Mudah Dihapal

Sumber:

UPDATE TERBARU